Tahun Ini, Kankemenag Dharmasraya Laksanakan Kurban 5 Ekor Sapi

Tahun Ini, Kankemenag Dharmasraya Laksanakan Kurban 5 Ekor Sapi

Dharmasraya, Humas—Pelaksanaan kurban di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dharmasraya untuk tahun 1442 H/2021 M dilaksanakan pada hari Rabu (21/07) di belakang Kantor Kemenag Dharmasraya.

“Alhamdulillah, tahun ini kita mengadakan kurban sebanyak 5 ekor sapi,” kata Zulhenri selaku ketua panitia kegiatan.

Kepala Kemenag Dharmasraya Abdel Haq turut bersyukur atas terlaksananya kurban kali ini. Ia berharap, seluruh pengorbanan di tahun ini akan menjadi amal ibadah di sisi Allah Swt.

“Kita patut bersyukur kepada Allah subhanahu wa ta’ala, karena setiap tahun masih diberi oleh Allah untuk berkurban. Kami selaku pimpinan, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus karena Kemenag Dharmasraya mampu melaksanakan kurban setiap tahun,” syukurnya.

“Merujuk surah dalam Alquran, Al-Hajj Ayat 37, ‘Daging (hewan kurban) dan darahnya itu sekali-kali tidak akan sampai kepada Allah, tetapi yang sampai kepadaNya adalah ketakwaan kamu. Demikianlah Dia menundukkannya untukmu agar kamu mengagungkan Allah atas petunjuk yang Dia berikan kepadamu. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik’. Untuk itu, mari kita tingkatkan ketaqwaan kepada  Allah. Taqwa dalam pengertian yang sebenarnya,” tuturnya.

Katanya pula, selain memupuk ketaatan dan kecintaan kepada Allah subhanahu wa ta’ala dan meningkatkan peri kemanusiaan, kepedulian, dan kerjasama antar sesama, hakikat kurban juga merupakan bentuk cinta kasih dalam keluarga. Sebagaimana didapat dari kisah nabi Ibrahim dan putranya Ismail Alaihissalam.

“Hikmah dari kisah pengorbanan Nabi Irahim dan anaknya, adalah bentuk dari terwujudnya keluarga sakinah mawaddah warahmah. Orang tua yang rela berkurban, dan anaknya merupakan anak yang santun, soleh, dan sabar menerima ujian.”

“Semoga kegiatan ini terus rutin terlaksana,” tutupnya.

Selain untuk ASN Kemenag Dharmasraya, daging kurban juga dibagi-bagikan untuk masyarakat yang ada di sekitar Kantor Kemenag Dharmasraya. (Ind)