Pelaksanaan Kurban Kankemenag Kota Payakumbuh Disiplin Prokes

Pelaksanaan Kurban Kankemenag Kota Payakumbuh Disiplin Prokes

Payakumbuh, Humas--Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh Kota Payakumbuh, H. Ramza Husmen meminta agar pelaksanaan penyembelihan kurban yang akan dilaksanakan karyawan Kemenag tahun ini bisa berlangsung disiplin sesuai dengan aturan yang termaktub dalam Surat Edaran (SE) Menteri Agama No. 16 Tahun 2021. Dan dalam pelaksanaan penyembelihan Hewan Kurban Kankemenag Kota Payakumbuh, Kamis (22/7), Prokes dilaksanakan dengan sangat ketat.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh, H. Ramza Husmen menyampaikan, "mengingat tahun ini kita menjalankan ibadah kurban di masa pandemi, maka ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian penting dalam pelaksanaannya, seperti waktu penyembelihan, prosedur penyembelihan, dan sistem pembagian daging kurban," ujarnya saat memberikan sedikit arahan sebelum di laksanakan penyembelihan hewan kurban ASN Kemenag Kota Payakumbuh.

H. Mustafa, Kasubbag TU Kota Payakumbuh menyampaikan kepada tim humas, "bahwa Alhamdulillah pada tahun ini Kankemenag Kota Payakumbuh bisa menyembelih 12 ekor sapi kurban yang berasal dari  seluruh ASN dilingkungan Kankemenag Kota Payakumbuh serta 1 ekor sapi qurban bantuan dari Kanwil Kemenag Sumbar. Yang mana prorses penyembelihan yang akan kita lakukan pada hari ini. Proses penyembelihan ini sesuai dengan aturan dilaksanakan tidak waktu selesai sholat Idul Adha, karena ditakutkan akan menimbulkan kerumunan masyarakat. Sehingga waktu melangsungkan kurban adalah pada hari Tasyrik tanggal 11, 12, atau 13 Dzulhijjah. Untuk Kantor Kemenag Kota Payakumbuh kita sepakati bersama bahwa Qurban akan dilangsungkan pada hari Kamis, 22 Juli 2021 yang jatuhnya pada hari ini."

Terkait prosedur penyembelihan, Kasi Bimas Islam, H. Hamdan Zubir sekaligus sebgai Ketua Panitia Qurban menyampaikan agar petugas penyembelih memperhatikan dengan sungguh-sungguh kebersihan alat yang digunakan untuk menyembelih dan tidak gunakan secara bergantian.

"Pastikan betugas yang melakukan penyembelihan harus menggunakan masker, pakaian lengan panjang dan sarung tangan selama di area penyembelihan, serta tidak menyentuh mata, hidung mulut dan telinga selama prosesnya," terangnya.

"Selanjutnya tentang sistem pembagian daging kurban diantarkan langsung ke rumah para penerima panitia kurban. Kalau perlu nantinya kami lakukan sistem shift pengambilan, pokoknya harus kita pastikan bersama agar kerumunan tidak timbul di tempat penyembelihan," imbuhnya.

H. Hamdan Zubir lebih jauh menjelaskan bahwa tahun ini ASN Kemenag Kota Payakumbuh melaksanakan qurban sebanyak 12 ekor sapi dan Bantuan dari Kanwil Kemenag Sumbar 1 ekor sapi dan berikut ini jumlah sapi kurban di lingkungan Kantor Kemenag Kota Payakumbuh: Kankemenag 13 ekor Sapi, 12 ekor disembelih di Kankemenag dan 1 ekor sumbangan Kanwil di sembelih di MAN 2 Payakumbuh. MTsN 1 Payakumbuh 6 ekor sapi dan 1ekor kambing, MAN 3 Payakumbuh 2 ekor sapi, MAN 1 Payakumbuh  3 ekor sapi, MTsN 2 Payakumbuh  4 ekor sapi dan MAN 2 Payakumbuh 4 ekor Sapi.

"Total jumlah hewan kurban dengan jumlah total 32 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Semoga tahun ini penyelenggaraan ibadah kurban, baik di kemenag Kota Payakumbuh maupun yang berlangsung di lingkungan masyarakat, bisa berjalan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," harapnya. Widya 77