MTsN 1 Agam Menggelar Workshop Persiapan Akreditasi dan AKM 2021

MTsN 1 Agam Menggelar Workshop Persiapan Akreditasi dan AKM 2021
MTsN 1 Agam Menggelar Workshop Persiapan Akreditasi dan AKM 2021
MTsN 1 Agam Menggelar Workshop Persiapan Akreditasi dan AKM 2021

Tilatang Kamang, Inmas-- Workhop Persiapan Akreditasi dan AKM digelar di MTsN 1 Agam dengan tema "Meningkatkan Mutu dan SDM Pendidikan Madrasah Serta Mewujudkan Peserta Didik Yang Berkarakter". Workshop ini dilaksanakan selama 2 hari, dimulai pada hari Jum'at (23/07) dan Sabtu (24/07). 

Dalam Laporan Pelaksanaan Kegiatan, Kepala MTsN 1 Agam, Nurmiza, menyampaikan bahwa peserta workhop sejumlah 60 orang, terdiri dari seluruh guru MTsN 1 Agam dan beberapa utusan dari KKM MTsN 1 Agam, yakni dari MTsS TI Gobah, MTsS TI Kapau, MTsS Kata Hati, dan MTsS Pasia Laweh.

Nurmiza menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Ada yang unik dari pelaksanaan workshop ini, karena kegiatan ini diikuti oleh lembaga anggota KKM MTsN 1 Agam yang sebagian besar akan melaksanakan kegiatan akreditasi tahun ini.

"Kami melaksanakan workshop bersama KKM dikarenakan selain sebagai sarana pemersatu lembaga untuk meningkatkan kualitas mutu, bertepatan pada tahun ini, sebanyak 4 anggota KKM tersebut juga akan melaksanakan akreditasi" ujar Nurmiza.

Tamu undangan yang hadir pada kegiatan ini adalah Ka Kan Kemenag Kabupaten Agam, Kasi Penmad Kan Kemenag Kabupaten Agam, Pengawas Pendidikan Madrasah tingkat MTs Kabupaten Agam, sera Ketua Komite MTsN 1 Agam.

"Akreditasi akan menentukan sekolah di mata masyarakat, makin rancak makin dipilih oleh masyarakat, masyarakat masukan anak melihat akreditasi, jikalau A otomatis sistem sudah baik, Alhamdulillah saat ini MTsN 1 Agam dilirik oleh masyarakat dibuktikan dengan banyaknya masyarakat yang menginginkan anaknya untuk masuk di madrasah ini" Ujar Ketua Komite.

Selain itu, urgensi dari akreditasi juga dijelaskan oleh Ka Kankemenag Kabupaten Agam, Edy Oktafiandi. "Kegiatan akreditasi menunjukan kredibilitas lembaga ditengah masyarakat, masyarakat melihat keunggulan madrasah yang meliputi 8 SNP yang harus dipenuhibdan filaksanakan oleh lembaga" tutur Edy.


Edy juga menekankan pentingnya kebersamaan dan kerjasama tim untuk keberhasilan akreditasi ini. "akreditasi menyangkut kita semuanya, madrasah harus membangun koordinasi dengan seluruh elemen masyarakat, untuk memberikan sinergitas dan support" ujar Edy.

Dengan adanya workshop ini diharapkan adanya upgrade knowledge yang dimiliki oleh guru, serta akan muncul ide-ide cemerlang untuk madrasah bermutu sesuai dengan semboyan madrasah hebat dan bermartabat. (Why)