Hadiri MTQ Nagari Ladang Laweh, Ka KUA Harapkan Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Qari

Hadiri MTQ Nagari Ladang Laweh, Ka KUA Harapkan Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Qari
Hadiri MTQ Nagari Ladang Laweh, Ka KUA Harapkan Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Qari

Agam, Humas--Musabaqah Tilawatil Quran Nasional Tingkat Nagari Ladang Laweh yang diselenggarakan oleh Pemerintah Nagari Ladang Laweh harus mampu meningkatkan jumlah para qari qariah yang bermutu dan berkualitas di semua bidang MTQ.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Banuhampu, Rinaldi dalam kegiatan pembukaan MTQ Nasional Tingkat Nagari Ladang Lawehn ke III pada hari Minggu (01/08) di Gedung Kantor Wali Nagari Ladang Laweh Kecamatan Banuhampu.

Dalam arahannya Kepala KUA berharap MTQ ini dilaksanakan dengan seleksi ketat berdasarkan panduan MTQ Nasional terutama dalam masalah usia qari dan qariah. 

Tidak itu saja, Kepala KUA juga berharap MTQ ini harus mampu memunculkan bibit-bibit baru, calon qari qariah yang akan mewakili Kecamatan Banuhampu pada MTQ Tingkat Kabupaten Agam, ataupun mewakili Kabupaten Agam bahkan Provinsi Sumatera Barat pada MTQ Nasional.

"Alangkah bahagianya kalau yang mewakili Kecamatan Banuhampu pada MTQ di tingkat yang lebih tinggi ini adalah anak kemenakan kita sendiri, asli Kecamatan Banuhampu, terutama anak Nagari Ladang Laweh,"ujar Rinaldi.

Tak lupa juga Kepala KUA Kecamatan Banuhampu mengingatkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan, baik itu oleh peserta, juri atau hakim, para pendamping dan juga tamu undangan.

Ketua Panitia MTQ Tingkat nagari Ladang Laweh, Muhammad Yahya mengungkapkan bahwa MTQ yang ddikuti oleh 45 orang utusan MDTA dan TPQ di lima jorong yang ada di Nagari Ladang Laweh ini di samping bertujuan untuk mencari potensi nagari untuk ajang MTQ yang lebih tinggi juga bertujuan untuk menciptakan generasi Qurani di Nagari Ladang laweh.

Senada dengannya, Wali Nagari Ladang Laweh, David Erlangga berharap MTQ yang diselenggarakan sebagai ajang unjuk kemampuan anak nagari Ladang Laweh mampu menjadi wadah bagi generasi Qurani untuk mengembangkan bakatnya terutama di hadapan masyarakat Ladang Laweh sendiri.

Hadir juga dalam kegiatan yang dimeriahkan oleh Tim Rebana MDTA Parik Lintang ini, Camat Banuhampu, Bamus Nagari Ladang Laweh, para guru MDTA dan TPQ se Nagari Ladang Laweh, para official dan pendamping. Syef