Kakan Kemenag Pessel Bersama Tim RB ZI Ikuti Kick Off Evaluasi SAKIP RBZI Secara Virtual

Kakan Kemenag Pessel Bersama Tim RB ZI  Ikuti Kick Off Evaluasi SAKIP RBZI  Secara Virtual

Painan, Humas -- Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, Abrar Munanda mengikuti secara virtual Kick Off Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Reformasi Birokrasi Zona Integritas Tahun 2021 yang digelarKementerian PANRB. Kegiatan tersebut juga diikuti Ketua dan anggota Tim Pembangunan Reformasi Birokrasi Zona Integritas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, Rabu (18/8) di aula kantor setempat.

Asisten Deputi Wilayah III Kementerian PANRB, Ahmad Hasmy menjelaskan bahwa evaluasi ini bertujuan untuk melihat kemajuan program pelaksanaan reformasi birokrasi dengan sasaran utama yakni untuk mewujudkan birokrasi yang bersih dan akuntabel, birokrasi yang efektif dan efisien, serta birokrasi yang mampu memberikan pelayanan publik secara prima kepada masyarakat.

Selanjutnya tujuan evaluasi Zona Integritas adalah menilai dan memberikan saran perbaikan dalam pelaksanaan pembangunan Zona Integritas, agar dapat mewujudkan unit kerja yang bersih dan bebas dari praktik KKN, serta mampu memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya.

Kemudian Canggih Hangga Wicaksono, dari Tim SHPRBZI Deputi RB KUNWAS membahas materi terkait dengan survei pelayanan. "Tujuan dilakukannya survei adalah untuk memberikan gambaran kualitas pelayanan publik secara umum untuk setiap instansi melalui Indeks Persepsi Kepuasan Pelayanan Publik (IPKP), dan juga memberikan gambaran tentang perilaku anti korupsi secara umum pada setiap instansi melalui Indeks Persepsi Anti Korupsi (IPAK)," jelasnya.

Sementara itu Kakan Kemenag Pessel, Abrar Munanda mengatakan bahwa pelaksanaan Reformasi Birokrasi Zona Integritas adalah hal yang merupakan keniscayaan bagi lembaga pemerintahan, termasuk juga dalam hal ini Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan.

"Sangat banyak poin-poin penting yang biasa kita ambil dari kegiatan Kick Off dan Evaluasi SAKIP Reformasi Birokrasi Zona Integritas tadi, tiga diantaranya yang sangat terkait dengan Kankemenag Pessel adalah, pertama semakin memperkuat motivasi dan semangat kita untuk melaksanakan Reformasi Birokrasi dan Zona Integritas di lingkungan Kankemenag Pessel," ungkap Abrar.

"Kemudian yang kedua, perencanaan maksimal di dalam kegiatan-kegiatan dalam mewujudkan RBZI ini di segala hal, seperti pengadaan sarana prasarana, software dan hardware, program serta detail kegiatan, dan yang tidak kalah pentingnya adalah menyiapkan eviden yang komplit dapat dipertanggunjawabkan dan lengkap isinya," lanjut kakan kemenag.

"Selanjutnya yang terkahir adalah menambah wawasan dan persiapan kita untuk melaksanakan Survei Kepuasan Masyarakat, baik itu dari sisi persepsi anti korupsi dan juga dari sisi kualitas pelayanan publik," tambahnya.

“Saya berharap seluruh ASN di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan mendukung kelancaran pelaksanaan pembangunan Zona Integritas dan semoga Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan dapat meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) di tahun 2021 ini," kata Abrar. (zn/rina)