Empat PNS Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Ikuti Ujian Dinas dan UPKP

Empat PNS Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Ikuti Ujian Dinas dan UPKP

Pasaman Barat, Humas – Empat orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Senin, 30 Agustus 2021, mengikuti ujian dinas dan ujian penyesuaian kenaikan pangkat (UPKP) tahun 2021. Keempat orang PNS itu adalah, tiga orang di antaranya mengikuti ujian dinas, dan satu orang UPKP.

Ketiga orang yang mengikuti ujian dinas adalah, Samsuir, PNS dari Seksi Bmbingan Masyarakat (Bimas) Islam, Ermawati, dari Seksi Pakis (Pendidikan Agama dan Kependidikan Islam), bersama Ulfa Hanum, staf di KUA (Kantor Urusan Agama) Kecamatan Sungai Aur. Dan satu orang peserta UPKP adalah Suratno, staf Subbag Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat.

Kepala Kantor, Muhammad Nur, dihadapan peserta ujian dinas dan UPKP mengintatkan, ujian dinas dan UPKP adalah kesmepatan  berharga bagi pegawai negeri, seperti di lingkungan Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat. Selain itu, yang menentukan berhail atau tidaknya seseorang menjawab segala pertanyaan yang diajikan bukanlah orang lain, tapi pribadi bersangkutan.

Dilain pihak, ingat Muhammad Nur, karena sistem ujian yang dilaksanakan bagi peserta ujian dinas dan UPKP berdasarkan sistem chat, dengan mempergunakan computer atau laptop. Maka ada dua faktor tambahan harus diperhatikan setiap peserta, yaitu kehati-hatian menjawab soal, dan membiasakan diri untuk tepat waktu. Untuk itu, perhatikan setiap soal, dan jawablah secara benar dan tepat.

Kasubbag Tata Usaha, Sufrinas, dan Kasi Pakis juga Plt. Kasi Penmad, Rali Tasman di tempat yang sama mengakui, berhasil atau tidaknya peserta menjawab soal yang diujikan dalam ujian dinas dan UPKP, seperti di Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat saat ini. Ditentukan oleh benar atau salah atas jawaban yang dibuat setiap peserta.

Lebih khusus lagi, ingat Sufrinas, kesempatan untuk mengikuti ujian dinas atau UPKP bagi PNS Kementeian Agama, seperti di Pasaman Barat, sangat jarang. Dalam suasana pandemi penyebaran virus corona atau Covid-19, hingga saat ini telah memasuki tahun kedua, pelaksanaan ujian untuk kedua jenis ini dilaksanakan secara online di daerah kerja masing-masing.

“Kalaulah tidak ada pendemi, seperti pada tahun-tahun sebelumnya, setiap ada program ujian dinas atau ujian penyesuaian kenaikan pangkat, khusus di Sumatera Barat, tentu dilaksanakan pihak Kepegawaian Kanwil, yang waktu dan tempat pelaksanaanya ditentukan pihak Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat”, tambah mereka mengakhiri. (zar)