MTsN 3 Lima Puluh Kota Lolos 15 Besar Nasional pada Kompetisi Myres 2021

MTsN 3 Lima Puluh Kota Lolos 15 Besar Nasional pada Kompetisi Myres 2021
MTsN 3 Lima Puluh Kota Lolos 15 Besar Nasional pada Kompetisi Myres 2021

Dangung-Dangung, Humas-- Madrasah Young Researcher Supercamp (Myres) merupakan sebuah ajang kompetisi yang bergengsi pada Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia dalam hal ini Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah yang bertujuan untuk menguatkan dan mengembangakan bakat minat menulis serta peningkatan daya saing siswa madrasah. disamping itu kegiatan ini juga bertujuan untuk memotivasi siswa madrasah untuk berkreasi melalui riset  dalam berbagai disiplin ilmu. Ajang kompetisi ini diawali dengan pengiriman proposal penelitian secara online melalui portal yang sudah disiapkan.

Sebagai madarsah yang sarat akan prestasi  MTsN 3 Lima Puluh Kota menyipakan serta mengirimkan 17 proposal penelitian untuk semua bidang yaitunya Ilmu Keagaaman Islam, Sosial dan Humaniora dan Matematika Sains Teknologi dibawah bimbingan beberapa orang guru seperti Detra Wiranda, Yuzetril, Bapak Dasfi Harman, Haryanto, Yanti Eka Putri, Rita Aswati dan Agustini.

MTsN 3 Lima Puluh Kota menjadi madrasah terbanyak dalam pengiriman proposal di tingkat Provinsi Sumatera Barat hal ini sudah menjadi kebangaan yang luar biasa bagi MTsN 3 Lima Puluh Kota. Usaha yang dilakukan membuahkan hasil yang membanggakan salah satu dari proposal yang dikirimkan lolos menjadi Top 50 proposal terbaik secara nasional dan berlanjut untuk mengikuti tahap presentasi proposal yang dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 2021.

Berdasarkan pengumuman yang disampaikan oleh Direktorat KSKK Madrasah tanggal 30 Agustus 2021 tentang hasil penilaian presentasi proposal peserta myres tahun 2021 yang menyatakan bahwa 15 besar proposal terbaik nasional yang lolos ketahap selanjutnya yaitu tahap bimbingan dan pendampingan. Salah satu dari proposal yang lolos tersebut adalah proposal dari siswa MTsN 3 Lima Puluh Kota dengan judul proposal "Adaptasi Muallaf dalam Isu Moderasi Beragama (Studi Kasus Permasalahan yang Dialami Muallaf Terkait Adaptasi" yang ditulis oleh Rifka Hayatul Husna dan Divana Alfia Renova dan bimbing oleh Detra Wiranda.

Merupakan Madrasah satu-satunya di Sumatera Barat untuk tingkat MTs yang lolos Top 15 Nasional ini merupakan sebuah prestasi yang cukup gemilang yang diraih Siswa MTsN 3 Lima Puluh kota. A. Mazhar. A sebagai kepala Madrasah menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada siswa yang terlibat dan juga guru pembimbing yang telah senantiasa memberikan bimbingan kepada siswa dalam mengikuti kompetisi ini.

"Ini merupakan presatsi yang sangat luar biasa bagi kita, karena kita merupakan satu satunya madrasah yang lolos ke tahap 15 besar nasional untuk tingkat MTs," ujar bapak berkumis tipis itu. (ryan)