Simulasi ANBK di MTsN 13 Agam

Simulasi ANBK di MTsN 13 Agam

Batu Kambing (Humas)- Pelaksanaan simulasi ANBK (Asesment Nasional Basis Komputer) gelombang  kedua pada hari ini senin tanggal 01 September 2021 telah mulai dilaksanakan, sebelumnya pelaksanaan simulasi ANBK gelombang pertama tanggal 23 Agustus telah sukses dilaksanakan di MTsN 13 Agam. Hal ini menandakan keseriusan MTsN 13 Agam dalam menyambut program Asesmen Nasional Basis Komputer yang di programkan pemerintah untuk jenjang pendidikan menengah.

Simulasi ANBK gelombang kedua ini di ikuti oleh  25 peserta didik,  sebelumnya  pada gelombang pertama di ikuti oleh 20 peserta dan 5 cadangan. Secara jumlah  keseluruhan, peserta yang telah melaksanakan simulasi 45 orang. Pelaksanaan Simulasi ini dilaksanakan di ruang labor komputer MTsN 13 Agam Batu Kambing, kesuksesan Simulasi ANBK menjadi ukuran kesiapan MTsN untuk melaksanakan ANBK.

Kegiatan yang berlangsung Dua sesi ini, di komandoi oleh waka Kurikulum dan masing masing satu orang proktor ibuk Siska Marlinda dan satu orang tekhnisi David Hidayat. Pada kesempatan itu pelaksanaan Simulasi di hadiri oleh kepala MTsN Ilham Mizoni, S.pd dan Kaur TU Syanir, S.Ag.MM.

“ Suksesnya kegiatan simulasi ini menjadi ukuran bagi kita untuk melihat kekurangan kekurangan  dalam pelaksanaan ANBK yang sesungguhnya, kita akan  benahi kekurangan pasilitas labor, mari ciptakan desaint labor supaya terkesan nyaman bagi peserta, Kesiapan kemungkinan gangguan jaringan internetpun mesti kita tingkatkan”, ujar Syafnir, S.Ag.MM ,Kaur TU MTsN 13 Agam.

Pada kegiatan ini Kepala MTsN 13 Agam Bapak Ilham Mizoni, S.Pd  mengatakan dalam arahannya Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK)  bertujuan untuk menghadapi pendidikan abad 21, dimana peserta didik harus memiliki bakat seperti keterampilan belajar dan inovasi, keterampilan dan menggunakan media teknologi informasi, dan kecakapan hidup untuk bekerja dan berkontribusi dalam masyarakat. Dari dasar itu, salah satu syarat untuk menghadapi adalah kemampuan literasi dan numerik..

 Menutup arahannya Bapak ilham Mizoni, S.pd menyampaikan ucapan terima kasih dan motivasi “Saya sangat berterima kasih kepada Kaur TU, Waka Kurikulum khususnya Proktor dan teknisi sebagai ujung tombak pelaksanaan simulasi kali ini. Mengingat pentingnya ANBK, maka kita mesti siap menghahapi program ini, walaupun kondisi geografis MTsN 13 Agam kurang mendukung, kemungkinan kehilangan jaringan internet manjadi sesuatu hal yang serius untuk ditanggapi, namun kita harus dan tetap semngat dan kita  telah membuktikan tiga kali pelaksanaan UJian nasional basis komputer berhasil kita laksanakan  secara mandiri.” Tegas nya.