Tiga Mahasiswi Akhiri Masa Magang, Ini Pesan Kakan Kemenag Pasaman

Tiga Mahasiswi  Akhiri Masa Magang, Ini Pesan Kakan Kemenag Pasaman

Pasaman,Humas-- Masa magang atau praktek kerja lapangan (PKL) tiga mahasiswi di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman berakhir. Dan secara resmi Kepala kantor Gusman Piliang menyerahkan sertifikat penilaian usai pelaksanaan apel pagi di halaman kantor ,Jumat (3/9).

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Asrul menyebutkan tiga mahasiswi yang melaksanakan PKL di seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kankemenag Kabupaten Pasaman adalah Dina Aulia dan Izzatul Inani merupakan mahasiswi Program Studi S1 Manajemen Haji Dan Umrah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Bukittinggi dan satu lagi Ananda Fadila Chan mahasiswi Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

“Ketiganya telah memulai sejak awal agustus 2021 dan hari ini dinyatakan selesai melaksanakan PKL di kantor ini”, terang Asrul.

Gusman Piliang mengharapkan segala ilmu, pelajaran, dan pengalaman yang didapat selama melaksanakan magang bermanfaat serta dapat dipetik untuk memotivasi diri dalam mengikuti perkuliahan di tempat masing-masing.

Gusman mengatakan, banyak pelajaran yang bisa dipetik dari kegiatan magang terutama tentang berbirokrasi di instansi pemerintahan bidang agama dinilai penuh dinamika serta hal-hal yang tidak pernah diperoleh dari bangku kuliah.

Pesannya, untuk membawa pulang yang positif saja dan bermanfaat buat diri serta bisa meningkatkan potensi. Sembari menitip salam dan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada pimpinan fakultas masing-masing.

Dikesempatan itu Gusman menilai manfaat magang bisa melatih mahasiswa agar mampu beradaptasi dengan dunia kerja, memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang sistem kerja di instansi pemerintah, memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang penerapan teori yang telah dipelajari di bangku kuliah pada permasalahan riil di dunia kerja serta membekali mahasiswa.

Izzatul salah seorang mahasiswa magang mewakili rekannya mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh ASN atas kesempatan yang diberikan untuk menggali ilmu di Kemenag Pasaman ini selama lebih kurang satu bulan, khususnya di seksi PHU.

Diakuinya, banyak pelajaran dan pengalaman yang diterima begitu bermanfaat. Sedikitnya telah mengetahui dan memahami proses-proses birokrasi di lembaga bernafaskan ikhlas beramal ranah Pasaman.

Ia juga menyatakan senang selama melaksanakan PKL bersama rekan-rekannya sesama mahasiswi. Para aparatur di Kemenag Pasaman sangat ramah, respon, aktif membantu dan mendukung segala yang dibutuhkan dalam pelaksanaan magang.(abie78) *rzk