Kakan Kemenag Kab.Solok Kukuhkan Pengurus APRI

Kakan Kemenag Kab.Solok Kukuhkan Pengurus APRI

Koto Baru, Humas-Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Solok Dr. H. Helmi, M.Ag dengan didampingi Kabid Urais Binsyar Kanwil Kemenag Sumbar H. Edison, Ketua PW APRI Sumbar Syaiful Rizal, MA dan Bupati Kabupaten Solok yang diwakili Kasubag Bintal dan Spiritual Kesra Yusfardi, S.Pd melantik PC APRI Kabupaten Solok di Aula Hubbul Wathan Kemenag Kabupaten Solok pada hari Kamis (02/09/2021). 

PC APRI (Asosiasi Penghulu Republik Indonesia) Kabupaten yang berjumlahkan 23 orang ini, dengan menggunakan jas biru berdiri dihadapan Kepala Kemenag yang kemudian dibacakan sumpah dengan diikuti semua pengurus, lalu dilantik secara resmi oleh Kakankemenag dan kemudian dengan didampingi pejabat yang ada, SK pengurus diserahkan kepada ketua APRI Solok Idramis, S.Ag.

Dalam sambutannya, Kakankemenag Kabupaten Solok menyampaikan bahwa pekerjaan ini ibarat aquarium, apapun yang kita lakukan semua orang dapat melihat isi luar dan dalamnya, baik atau burukkah isinya. Oleh karena itu, Kakankemenag mengimbau untuk meninggalkan kebiasaan bekerja buruk dan mari untuk bekerja dengan baik. 

“Sudah baikpun yang kita kerjakan, belum tentu baik pula menurut masyarakat, maka untuk itu mari kita bersama-sama bekerja agar pekerjaan kita nantinya tidak keluar dari jalur yang ada,” ucap Helmi. 

Pengukuhan pengurus APRI pada hari ini merupakan yang ke Sembilan dari 19 Kab/Kota yang ada di Sumbar. Hal ini disampaikan ketua PW APRI Sumbar dalam sambutannya. Menurutnya, hari ini kita telah dikukuhkan sebagai organisasi, dan ini sesuai dengan aturan kenegaraan kita bahwa setiap pejabat fungsional harus ada organisasi yang mewadahinya. 
Kabid Urais Binsyar H. Edison juga mengatakan hal yang sama. Lebih lanjut ia jelaskan, sesuai dengan PP Nomor 11 Tahun 2011 yang menginginkan setiap pejabat fungsional harus ada organisasi. Namun terlebih dahulu ia sampaikan selamat kepada pengurus yang telah dilantik dan ucapan terima kasih kepada Kakankemenag beserta jajaran atas supportnya sehingga acara ini dapat berjalan dengan lancar. 

Disampaikan Edison beberapa hal kenapa APRI ini harus ada. Pertama, karena kita semua pejabat fungsional yang harus ada organisasi maka APRI inilah wadah kita. Kedua, mengingat histori yang pernah terjadi, ada salah seorang penghulu yang ditangkap dengan tuduhan korupsi, namun penghulu-penghulu tidak dapat bertindak, maka dengan APRI ini kita harapkan adanya advokasi yang dapat membantu teman-teman kita jika terlibat masalah hukum. Ketiga, dengan berorganisasi maka bersama kita kuat, kita bias untuk itu ubahlah mindset, kinerja dari individu menjadi kelompok. “Mari kita lakukan pengabdian kepada masyarakat, sehingga APRI bias dikenal dan manfaatkanlah teknologi salah satunya media, untuk itu tingkatkanlah invasi kapasita,” ajak Kabid Urais.

Edison meminta agar APRI segera didaftarkan ke Kesbangpol sehingga bisa terdaftar dan nanti bisa ajukan proposal kepada Pemda, sehingga nanti tidak lagi ada kendala dana dalam kegiatan yang akan dilakukan. 

Hal ini disambut baik oleh Pemda Kabupaten Solok. Kabag Kesra Solok yang diwakili Kasubag Bintal dan Spiritual Yusfardi, S.Pd menyampaikan pemerintah sangat apresiasi dengan APRI dan siap membantu APRI dalam bertugas. Ababil | Fendi