50 Siswa MAN 1 Padang Pariaman Ikut Gladi Bersih ANBK

50 Siswa MAN 1 Padang Pariaman Ikut Gladi Bersih ANBK

Padang Pariaman, Humas -- Sebanyak 50 siswa MAN 1 Padang Pariaman mengikuti Gladi Bersih Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2021

Kepala MAN 1 Padang Pariaman, Amrizon mengatakan dari total 739 siswa, hanya 50 yang mewakili sekolah untuk mengikuti ANBK tersebut. 

"Untuk pelaksanaan asesmen terutama bagi peserta, kita di sini jumlah siswa ada  730 orang, namun yang  diambil cuman 50 orang sebagai sampel, itu dari kelas XI," kata Amrizon saat diwawancarai di ruang kerjanya, Senin (6/9/2021) pagi .

Dia melanjutkan, 50 siswa ini diambil berdasarkan acakan dari pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Setelah itu, nama-nama tersebut diberikan kepada pihak sekolah."Tahapan asesmen ada tiga, yakni, simulasi, gladi dan pelaksanaan," katanya. Dia menjelaskan, asesmen ini sama saja dengan sistem ujian nasional, hanya mengganti nama.

Adapun hal yang membedakan terdapat pada bentuk soal yang diuji. "Asesmen ini berbasis online, Assesment Nasional Berbasis Komputer (ANBK), sebelumnya Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Perbedaan sangat signifikan itu, kita lihat daripada soal-soal, kalau untuk ANBK itu soal berbentuk pendidikan karakter, survei lingkungan," terangnya. (Nurlela/Asmardi).