Penyuluh Agama Kecamatan Banuhampu Matangkan Persiapan Pelaksanaan Gerakan Penyuluh Agama Peduli

Penyuluh Agama Kecamatan Banuhampu Matangkan Persiapan Pelaksanaan Gerakan Penyuluh Agama Peduli
Penyuluh Agama Kecamatan Banuhampu Matangkan Persiapan Pelaksanaan Gerakan Penyuluh Agama Peduli

Agam, Humas--Penyuluh Agama Kecamatan Banuhampu yang tergabung dalam Forum Penyuluh Agama Islam Kecamatan Banuhampu melaksanakan pertemuan bulanan dengan agenda mematangkan persiapan pelaksanaan Gerakan Penyuluh Agama Kecamatan Banuhampu Peduli pada hari Selasa (07/09) di ruang Kepala kantor Urusan Agama Kecamatan Banuhampu.

Pertemuan bulanan Penyuluh Agama Kecamatan Banuhampu yang dihadiri oleh seluruh Penyuluh Agama Non PNS Kecamatan Banuhampu kali ini didampingi oleh Kepala Kantor Urusan Agama dan Penyuluh Agama Islam Fungsional Kecamatan Banuhampu

Ketua Forum Penyuluh Agama Kecamatan Banuhampu, Abdul Halim menyampaikan bahwa pelaksanaan Gerakan Penyuluh Agama Kecamatan Banuhampu Peduli ini semula direncanakan pada bulan lalu, karena mengingat angka penderita Covid-19 di Kabupaten Agam mengalami peningkatan khususnya di Kecamatan Banuhampu maka pelaksanaan kegiatan ini baru akan terlaksana bulan ini.

Lebih lanjut Abdul Halim juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini terselenggara atas kerjasama seluruh Penyuluh Agama baik itu Non PNS maupun Penyuluh Agama Islam Fungsional serta bantuan dan partisipasi dari para donatur dalam bentuk bantuan yang tidak mengikat yang dijadikan dalam bentuk makanan pokok yang akan diberikan kepada pihak yang membutuhkan..

Dalam pertemuan ini juga, Alharnisyefrita Wirahadinofa yang merupakan Penyuluh Agama Islam Fungsional Kecamatan Banuhampu mengungkapkan bahwa kegiatan Gerakan Penyuluh Agama Kecamatan Banuhampu Peduli Umat ini dilaksanakan untuk mensukseskan Gerakan Nasional Penyuluh Agama Islam Peduli dengan bentuk Gerakan Sejuta Vitamin yang digagas oleh Direktorat Jenderal Bimas Islam Kementerian Agama RI yang disampaikan melalui Surat Edaran Dirjen Bimas Islam Nomor P---003/DJ.III/Hk.007/07/2021 tentang Gerakan Nasional Penyuluh Agama Islam Peduli Umat di Masa Darurat Corona Virus Disease 2019. 

"Jadi kita melaksanakan Gerakan Penyuluh Agama Kecamatan Banuhampu Peduli ini mengingatkan kita dalam menyikapi situasi terkini perkembangan penyebaran Covid-19 khususnya di Kecamatan Banuhampu yang memiliki dampak pada kehidupan ummat baik secara materi maupun spiritual", tutur Alharni lagi.

Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Banuhampu, Rinaldi mengapresiasi kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Penyuluh Agama Non PNS ini di bawah bimbingan Penyuluh Agama Islam Fungsionalnya yang tanpa sengaja menampakkan kerja sama yang baik antara keduanya.

Selanjutnya Kepala KUA Kecamatan Banuhampu yang juga menyikapi hasil pertemuan Kepala KUA se Kabupaten Agam dengan Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Agam menyampaikan bahwa Penyuluh Agama sebagai garda terdepan Kementerian Agama harus mampu memahami kondisi ummat dan meningkiatkan kepedulian terhadap kondisi ummat saat ini, terutama di masa pandemi Covid-19.

"Penyuluh Agama harus memiliki rasa kepedulian yang tinggi terhadap kondisi ummat saat ini, salah satunya dengan kegiatan ini. Kami selaku Kepala KUA mendukung kegiatan yang akan dilaksanakan ini, berharap kegiatan ini tepat sasaran dan berjalan lancar dengan menerapkan protokol kesehatan untuk menjaga diri, keluarga dan orang sekeliling kita ", ujar Rinaldi.

Kegiatan Gerakan Penyuluh Agama Kecamatan Banuhampu Peduli ini direncanakan akan dilaksanakan pada hari Senin depan dengan lokasi dua Panti Asuhan yang ada di wilayah Kecamatan Banuhampu yang mengalami dampak Covid-19. Syef