Jelang Gladi ANBK, MTsN 2 Pasaman lakukan Pendalaman Materi

Jelang Gladi ANBK, MTsN 2 Pasaman lakukan Pendalaman Materi

Pasaman, humas--Pelaksanaan Gladi Bersih Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang semakin dekat, para guru pembina MTsN 2 Pasaman semakin gencar melakukan persiapan dan intensif melaksanakan latihan.

Disampaikan Kepala MTsN 2 Pasaman Yurnalis Jumat (10/9), mengadapi pelaksanaan Gladi bersih gelombang pertama tingkat MTs/SMP yang akan dilaksanakan pada tanggal 13 dan 14 September 2021 mendatang. Dimintanya kepada para guru pembimbing yang telah ditunjuk untuk melakukan pendalaman materi.

Yurnalis menyampaikan,pendalaman materi sangat penting apalagi mengingat secara umum siswa masih belum mengerti apa itu asesmen, bagaimana trik menjawab soal, bentuk soal yang akan diujikan, serta beragamnya intake siswa yang ikut dalam kegiatan tersebut.

Lebih lanjut Ia menjelaskan dengan pengenalan asesmen, dan pendalaman materi serta membahas seluruh bentuk-bentuk soal terkait kompetensi literasi, numerasi, dan sains, diharapka nsiswa akan lebih siap menghadapi kegiatan gladi bersih nantinya.

“Kita berharap, dengan dibaginya siswa kedalam empat kelompok, diharapkan mereka benar-benar bisa mendalami materi dengan membahas bentuk-bentuk soal bersama guru pembimbingnya," begitu harapannya.

"Dari 45 siswa ditambah 5 orang cadangan yang dipilih secara random oleh sistem dengan merujuk pada data EMIS, masing-masing kelas berisi lebih kurang 12 siswa. Diharapkan pendalaman materi ini akan sangat membantu pada pelaksanaan gladi bersih mendatang," imbuhnya.

Mengingat waktu yang tinggal beberapa hari lagi, maka siswa benar-benar diharapkan untuk serius mengikuti pelatihan ini. Sehingga ANBK yang akan digelar pada tanggal 4-6 Oktober mendatang dapat berjalan dengan sukses.

Informasi Nelli Martati Salah seorang Guru Pembimbing, untuk lebih efisien siswa dibagi menjadi empat kelompok yang dipusatkan di ruangan belajar madrasah, siswa menerima materi dan membahas soal-soal Literasi, Sains, dan Numerasi. telah dimulai  sejak tanggal 7 September dan selesai pada tanggal 11 September nanti.

Lanjutnya, siswa dilatih dan dibimbing oleh 4 orang guru mensesuaikan dengan bentuk soal yang akan diujikan nanti. Keempatnya adalah guru IPA, Guru Matematika, Guru PAI dan Guru Bahasa Indonesia.

"Latihan dilaksanakan setelah pulang sekolah, digilirkan setiap hari sesuai jadwal yang sudah dibuat oleh wakil bidang akademik",pungkas istri Penyelenggara Zakat Wakaf Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman. (NeliMartati)abie78