45 Siswa MTsN 1 Pasaman Ikuti Gladi ANBK

45 Siswa MTsN 1 Pasaman Ikuti Gladi ANBK

Pasaman, Humas-- Sebanyak 45 siswa MTsN 1 Pasaman kelas VIII ikuti glady bersih pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) bertempat di Labor Komputer madrasah setempat, Senin (13/9).

Kepala MTsN 1 Pasaman Ade Pabrian menyampaikan bahwa ANBK merupakan penilaian yang dilakukan di setiap jenjang sekolah, mulai dari SD, SMP, SMA/SMK dan sederajat.

ANBK dikerjakan di kelas 5 SD, 8 SMP dan 11 SMA. ANBK resmi menjadi pengganti UNBK yang telah diluncurkan pada tahun 2019 sebagai satu produk dari Merdeka Belajar dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

Dijabarkan Ade, program ANBK tidak akan mengevaluasi capaian murid secara individu, tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil. ANBK dirancang tidak hanya sebagai pengganti UN dan Ujian Sekolah berstandar nasional, namun sebagai penanda perubahan paradigma tentang evaluasi pendidikan.

Menurut Ade Pabrian, Glady ANBK ini dapat dijadikan pengalaman bagi siswa dan yang bisa dibagikan kepada teman-temannya di kelas masing-masing.

"Selamat mengikuti dan mencoba ANBK ini ananda. Nanti pengalaman yang didapat bisa dibagikan kepada teman-temannya." sampai. H. Ade. (Jaya Nasa Perta)abie78