Melalui Shabahan Mubaroka, MTsN 2 Padang Pariaman Wujudkan Generasi Milenial yang Dirindukan Alquran

Melalui Shabahan Mubaroka, MTsN 2 Padang Pariaman Wujudkan Generasi Milenial yang Dirindukan Alquran

Padang Pariaman, Humas- Untuk mewujudkan generasi milenial yang dirindukan Alqur’an, MTsN 2 Padang Pariaman Gelar Tasmi’ Hafalan Quran Al Karim 1-10 Juz yang diikuti oleh 14 hafidz dan hafidzah di Aula MTsN 2 Padang Pariaman, Sabtu 11/9/2021

Program Tahfidz Shabahan Mubaroka merupakan program unggulan MTsN 2 Padang Pariaman yang dilaksanakan setelah Subuh setiap hari kecuali hari Jum’at. Kegiatan tersebut diikuti 64 siswa yang telah memiliki hafalan bervariasi antara 1-10 Juz. Untuk itu sebagai ujian lulusan hafalan koordinator TK. Fajri Yanuar, S. PdI dan tim Tahfidz Shabahan Mubaroka gelar Tasmi’ Hafalan Qur’an.

Sebanyak 14 hafidz dan hafidzah yang ikut mentasmi’kan hafalan juz 1 dan juz 2 dengan lancar dan fasih. Peserta yang ikut diberikan penilaian oleh juri utama dan juri pendamping. Adapun kriteria penilaian tasmi’ berdasarkan Tajwid dan Irama (Thoha dan Ayub).

Kegiatan Tasmi’ tersebut dihadiri juga oleh masing-masing orangtua/wali murid hafidz dan hafidzah. Setelah melafazkan tasmi’ mereka mendatangi orang tua mereka mohon do’a kepada orang tua untuk diberi kemudahan melanjutkan hafalan Juz selanjutnya sekaligus memasangkan mahkota kepada orang tua mereka.

Dian Yulviani, perwakilan walimurid hafidz/hafidzah dalam sambutannya sangat bersyukur dengan program unggulan Shabahan Mubaroka yang dilaksanakan MTsN 2 Padang Pariaman. Dian berharap anaknya menjadi generasi cinta al qur’an dan menjadi anak yang sholeh. Ditambahkan juga oleh walimurid Ilham siswa kelas VII bahwa Shabahan Mubaroka telah membentuk karakter anaknya menjadi lebih baik, yang biasanya sang anak susah bangun tidur namun karena ada kegiatan tahfidz setelah shubuh Ilham menjadi mandiri, rajin beribadah, termotivasi menghafal qur’an dan bahkan telah mampu menerima setoran tahfidz dari adik-adiknya.

“Dalam menghadapi era globalisasi saat ini kami sangat bersyukur MTsN 2 Padang Pariaman memiliki program unggulan Tahfidz Shabahan Mubaroka, kami ingin anak-anak kami menjadi penghafal qur’an sehingga dapat membentuk karakter dan memperbaiki akhlak anak kami menjadi lebih baik,” ungkap Dian.

Amrina Anas, S. Ag sebagai wakil kesiswaan dalam arahannya mengingatkan hafidz dan hafidzah jangan sampai terkontaminasi dengan game yang akan mengurangi konsentrasi hafidz dan hafidzah dalam menghafal qur’an.

Sementara itu, Kepala MTsN 2 Padang Pariaman, Zaitul Makmur, S. Ag, MA menutup kegiatan tasmi’ dan menyampaikan rasa haru terhadap hafidz dan hafidzah yang telah melantunkan tasmi’ dengan bacaan yang fasih dan lancar serta didukung oleh orang tua/ walimurid. Zaitul berharap hafidz dan hafidzhah MTsN 2 Padang Pariaman semakin meningkat dan ingin mewujudkan tamatan MTsN 2 Padang Pariaman menjadi generasi milenial yang dirindukan al qur’an. (Risnaoke)