H. Marjanis : Pondok Pesantren Harus Mampu Wujudkan Visi dan Misi Kementerian Agama

H. Marjanis : Pondok Pesantren Harus Mampu Wujudkan Visi dan Misi Kementerian Agama
H. Marjanis : Pondok Pesantren Harus Mampu Wujudkan Visi dan Misi Kementerian Agama

Agam, Humas--Keberadaan Pondok Pesantren harus mampu mewujudkan Visi Kementerian Agama, yaitu Kementerian Agama yang profesional dan andal dalam membangun masyarakat yang saleh, moderat, cerdas dan unggul untuk mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berdasarkan gotong royong.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam dalam penyampaian materi sebagai narasumber dalam kegiatan Pelatihan Di Wilayah Kerja Pelatihan Manajemen Pondok Pesantren di Lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Agam pada hari Senin (13/09) di Aula Pondok Pesantren Sumatera Thawalib, Kecamatan Banuhampu.

Selanjutnya dalam materi Pembangunan Bidang Keagamaan di Kabupaten Agam, Kepala Kankemenag Kabupaten Agam, H. Marjanis menyampaikan bahwa tidak hanya mewujudkan visi Kementerian Agama, tetapi Pondok Pesantren harus mampu mewujudkan misi dan menyokong tugas Kementerian Agama sebagai bagian dari pemerintahan Indonesia.

Dalam kegiatan yang diikuti oleh 30 Pimpinan Pondok Pesantren di Kabupaten Agam yang terselenggara atas kerja sama Balai Diklat Keagamaan Padang dan Kankemenag Kabupaten Agam, H. Marjanis juga menjelaskan bahwa Pondok Pesantren yang berjumlah 37 buah Pondok Pesantren dan tersebar di 14 kecamatan dari 16 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Agam merupakan lembaga pendidikan keagamaan Islam yang diselenggarakan satuan pendidikan pesantren dan atau secara terpadu menyelenggarakan jenis pendidikan lain.

"Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Agama Nomor 13 Tahun 2014 tentang Pendidikan Keagamaan Islam yang juga menjelaskan secara rinci pengelolaan pendidikan di bawah binaan Kementerian Agama, di antaranya adalah Pendidikan Pesantren dan Pendidikan Diniyah", ujar H. Marjanis lagi.

Lebih lanjut Kepala Kankemenag Kabupaten Agam berharap para buya Pimpinan Pondok Pesantren memahami seluruh peraturan mengenai pendidikan keagamaan Islam baik yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama dan pemerintah secara umum, baik itu pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Syef