Sat Bimas Polres Pasaman Jalin Koordinasi dengan Kemenag Pasaman

Sat Bimas Polres Pasaman Jalin Koordinasi dengan Kemenag Pasaman

Pasaman, Humas—Sekaitan dengan langkah antisipasi penyebaran radikalisme dan aliran sesat di ranah Pasaman, pihak Polres Pasaman melakukan koordinasi dengan Kementerian Agama Kabupaten Pasaman.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman, Gusman Piliang saat kunjungan kerja dan silaturrahim Kepala Satuan Bimas Polres Pasaman Iptu Rusdi beserta anggota ke kantor Kemenag, Kamis (16/9).

Dalam bincang santai, Kasat menyampaikan kepada kakankemenag tentang program kepolisian Sumatera Barat yakni Operasi Bina Waspada Singgalang Tahun 2021 yang bertujuan melakukan penyuluhan dan pembinaan terhadap perorangan maupun kelompok atau organisasi radikalisme dan aliran sesat di ranah Pasaman.

Ia mengatakan, kegiatan ini dalam rangka menangkis penyebaran ajaran-ajaran radikal dan sesat yang bisa mengancam stabilitas keamanan negara. Maka, pihaknya melakukan kunjungan keseluruh penjuru kabupaten termasuk ke pesantren-pesantren.

Menurutnya mengenai hal ini amat penting dilakukan koordinasi dan kerjasama dengan Kemenag Pasaman .

Sementara, Gusman Piliang menyambut baik kunjungan dan program yang digalakkan Polres Pasaman tersebut. Dan ini sesuai dengan visi misi Kankemenag Kabupaten Pasaman yakni mewujudkan masyarakat yang shaleh, cerdas, moderat dan unggul.

Gusman menilai radikalisme dalam konteks kesatuan dan persatuan bangsa sangat bertentangan begitu pula halnya dengan aliran sesat yang banyak berkembang di tengah masyarakat dan pihaknya pun tetap melakukan kontrol sosial.

Lanjutnya, Kemenag melalui Penyuluh Agama Islam yang tersebar di dua belas kecamatan telah meminta agar melakukan pembinaan serta bimbingan agama kepada masyarakat termasuk mengenai aliran sesat dan radikalisme. Apalagi itu termasuk slah satu pokok penyuluhannya.(abie78)