Kakan Kemenag Dharmasraya Laksanakan Pembinaan ASN di KUA

Kakan Kemenag Dharmasraya Laksanakan Pembinaan ASN di KUA

Dharmasraya, Humas—Kepala Kankemenag Dharmasraya H. Okto Verisman didampingi Kasi Pakis H. Suhardi bersilaturahmi sekaligus memberikan pembinaan terhadap ASN dan staf di KUA Sitiung dan KUA Tiumang Dharmasraya, Rabu (15/09).

Kepada penyuluh, Kakan Kemenag meminta untuk selalu meningkatkan keilmuan di bidang keagamaan. Menurutnya, penyuluh adalah orang-orang yang dicap hebat dalam bidang agama. Untuk itu, setiap penyuluh hendaknya menyisihkan sebagian penghasilannya untuk membeli buku-buku keagamaan.

“Karena kita harus punya rujukan yang jelas dengan terus meningkatkan ilmu,” pintanya.

Penyuluh juga diminta untuk tahu dengan objek binaanya. Ketika ada pembinaan dan ceramah, hendaknya para penyuluh yang mengatur jadwal dan menentukan judul dari ceramah tersebut. Jika perlu, dibuat pula kurikulumnya.

Selain itu, identifikasi objek binaan harus sampai kepada masyarakatnya. Kakan Kemenag meminta para penyuluh untuk mengatahui siapa-siapa penggerak di masyarakat, ketua majelis, tokoh, dan bisa memahami karakter masyarakat. Ketika terjadi persoalan, akan mudah diselesaikan.

Terkait pekerjaan, penyuluh juga diminta untuk selalu menyiapkan bukti fisik pada setiap kegiatan. Kemudian laporan harus disiapkan dengan baik.

Kepada penghulu, Kakan Kemenag meminta untuk selalu mengawasi pernikahan-pernikahan liar yang terjadi di masyarakat.

“Jangan sampai ada pernikahan yang tidak tercatat. Penyuluh melaporkan ada pernikahan di bawah tangan. Awasi pemalsuan. Baik itu surat, dokumen-dokumen, dan hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan nikah,” tuturnya.

Di KUA Tiumang, Kakan Kemenag meminta para penyuluh untuk aktif memantau pergerakan-pergerakan aliran sesat. Berhubung Kecamatan Timpeh merupakan daerah perbatasan langsung antara Kabupaten dan Provinsi Jambi.

“Tugasnya memantau ini. Jangan sampai berkembang. Komunikasikan dengan Kepala KUA, Walinagari, Babinsa, Ketua Pemuda. Jangan bertindak gegabah. Dan Kepala KUA wajib menyampaikan informasi ke Kemenag. Jangan biarkan meledak,” jelasnya.

Selain pembinaan di KUA, Kakan Kemenag juga bersilaturahmi dengan para guru dan staf di Pondok Pesantren Darussalam, Sitiung. Pada kesempatan tersebut Kakan Kemenag meminta kepada para guru untuk memebantu Kemenag dalam mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara. (Ind/Rina)