Resmi dibuka Kakanwil, 570 Peserta akan Berlaga pada KSM 2021 Secara Daring

Resmi dibuka Kakanwil, 570 Peserta akan Berlaga pada KSM 2021 Secara Daring

Padang, Humas--Kompetisi Sains Madrasah (KSM) yang dilaksanan sejak tahun 2012 ini merupakan wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat dalam bidang sains. Melalui KSM siswa mampu meningkatkan  kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama serta menumbuh kembangkan budaya kompetitik yang sehat di kalangan siswa madrasah.

Hal tersebut dijabarkan H. Syamsul Arifin, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sumbar saat menyampaikan laporan Komite dalam pembukaan KSM Tahun 2021, Jumat (17/09).

Ditambahkan Syamsul Arifin KSM Tingkat Provinsi Sumatera Barat ini diselenggarakan pada tanggal 18 s.d 20 September 2021 secara daring serentak secara Nasional dengan menggunakan sistem Tes Berbasis Komputer atau CBT yang disiapkan dan di bawah kendali Komite KSM Nasional.

Lebih lanjut dijelaskannya untuk jenjang MI, bidang studi yang dilombakan Matematika dan Sains, sedangkan jenjang MTs, bidang studi yang di lombakan Matematika, IPA Terpadu dan IPS Terpadu, dan untuk Madrasah Aliyah, bidang studi yang dilombakan Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Geografi dan Ekonomi.

Jumlah peserta yang akan berkompetisi dalam KSM tahun ini adalah sebanyak 570 orang peserta yang merupakan 3 siswa terbaik tiap bidang studi yang dilombakan hasil dari seleksi KSM Kabupaten/ Kota sebelumnya.

Adapun rinciannya untuk MI, sebanyak 104 orang  MTs sebanyak 165 orang dan MA sebanyak 301

Hasil KSM Provinsi  akan dipublikasikan di Portal Resmi Kementerian Agama Provinsi dan portal resmi Kemenag RI tanggal 25 September 2021, dan pemenang pertama akan menjadi utusan mewakili Provinsi Sumateta Barat pada KSM tingkat Nasional tanggal 23-24 Oktober mendatang.

Senada dengan hal tersebut, Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, H. Syamsuir saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan Kompetisi Sains Madrasah yang akan digelar adalah bagian dari misi dalam bentuk kompetisi akademik menjaring siswa-siswi madrasah yang berilmu dan berbakat akademik dan pemuncak terbaik pada kabupaten dan kota di seluruh Sumatera Barat untuk berkompetisi di tingkat Nasional.

"Yang menjadikan Kompetisi Sains Madrasah istimewa dibandingkan olimpiade-olimpiade sains lainnya adalah soal-soal sains yang diujikan terintegrasi dengan konsep-konsep keislaman, baik konsep sains dalam Alquran, sunnah, ilmu falak, penghitungan zakat dan tema-tema lain, di samping ilmu-ilmu sains murni, agar seluruh ilmu tetap dipahami secara holistik, yakni berasal dari sumber yang sama yaitu Allah SWT," tegasnya.

"Karena itulah, tidak salah tema Kompetisi Sains Madrasah tahun ini Integrasi Sains dan Islam Menuju Madrasah Mandiri dan Berprestasi," ujarnya lagi.

"Besok adalah salah satu tahapan setelah pelaksanaan KSM Tingkat Kabupaten Kota yang digelar pada tanggal 21-23 Agustus 2021 kemarin, harapan kami ananda peserta mengeluarkan seluruh kemampuan dalam menjawab soal-soal kompetisi, memanfaatkan menit demi menit berharga untuk mengevaluasi jawaban-jawaban dalam soal CBT," imbau Kakanwil.

"Saya berharap kegiatan Kompetisi Sains Madrasah menjadi ikon kebanggaan madrasah dan disebarluaskan secara massif dan intensif pada media lembaga, media sosial dan media massa sehingga kualitas madrasah benar-benar dapat dirasakan kehadirannya oleh masyarakat," harapnya.

Selanjutnya Kakanwil berpesan kepada panitia dan komite Provinsi, proktor, teknisi dan pengawas ruang, lakukanlah amanah dengan profesional dan bertanggung jawab. Serta kepada peserta, persiapkan diri untuk kompetisi besok hari, jaga kondisi pikiran dan kesehatan, istirahat serta sarapan yang cukup agar fresh menghadapi soal-soal kompetisi.

"Kepada peserta calon pemenang yang akan diumumkan pada tanggal 25 September 2021 nanti, kami harapkan persiapkan diri sebaik-baik mungkin sedari awal untuk ke tingkat nasional, motivasilah diri sendiri untuk bisa menjadi Juara KSM Nasional, dengan itu tidak hanya menjadi kebanggaan madrasah masing-masing, tapi juga kabupaten Kota dan Provinsi Sumatera Barat," tambah Kakanwil

"Semoga kegiatan Kompetisi Sains Madrasah berjalan lancar dari aspek teknis dan non teknis serta semua yang kita lakukan bernilai ibadah di sisi Allah SWT," harap Kakanwil menutup sambutannya. [DW].