Hingga Minvggu Ini, KSM Tahun 2021 di MAN 5 Pasaman Barat Sukses

Hingga Minvggu Ini, KSM Tahun 2021 di MAN 5 Pasaman Barat Sukses

Pasaman Barat, Humas -- Komptetisi Sain Madrasah (KSM) tingkat Sumatera Barat di komplek MAN (Madrasah Aliyah Negeri) 5 Pasaman Barat, Simpang Empat, dari hari Sabtu (18/9) berlangsung sukses. Sesuai jawal, KSM tahun 2021 berlangsung selama tiga hari dan diikuti 33 peserta dari tiga jenjang pendidikan.

Pembukaan KSM tingkat Sumatera Barat tahun 2021 di komplek MAN 5 Pasaman Barat, Smpang Empat dari penbukaan hari Sabtu, tanggal 18 September kemarin hingga penutupan hari Senin, 20 September 2021 besok, dihadiri kepala madasah negeri dan swasta. Khusus madrasah swasta, kepala MI, MTs, dan MA yang siswanya ikut.  

Dari 33 duta Pasaman Barat ke tingkat provinsi dan akan berakhir hari Senin, 20 September 2021, dari tiga tingkat jenjang pendidikan, yaitu tingkat Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA). Bidang studi yang diujikan dan diikuti setiap peserta, disesuaikan dengan mata pelajaran pada setiap jenjang pendidikan.

Plh. Kepala Kantor Kemenerian Agama Pasaman Barat, Rali Tasman, pihaknya menyadari hingga saa ini tanah air, termasuk Sumatera Barat dan Pasaman Barat labih khusus, masih berada dalam suasana pandemic. Dari kondisi ini, banyak kendala dan keterbatasan yang dihadapi, namun atas kebersamaan, komitmen dan tanggung jawab bersama, KSM tingkat Sumatera Barat di Pasaman Barat, sukses.

Seperti diberitakan sebelumnya, kontingen Kantor Kemeterian Agama Pasaman Barat ke tingkat provinsi di tahun 2021 ini, diperkuat sebanyak 33 orang peserta, mereka siswa MI, MTs, dan MA negeri dengan swasta. “Selama berlangsungnya KSM, mereka akan menunjukkan kemampuan masing-masing, sesuai mata pelajatan yang dikuti.

Dari 33 utusan Pasaman Barat ke tingkat Sumatera Barat, sebanyak Enam orang di antaranya siswa MI, Sembilan siswa MTs, dan sebanyak 18 orang siswa MA. Sementara, mata pelajaran yang diujikan pada setiap peserta tingkat MI dan MTs adalah, matematika terintegrasi dengan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) terintegrasi.

Untuk tingkat MA, pelajaran yang diujikan adalah, matematika terintegrasi, biologi terintegrasi, fisika terintegrasi, kimia terintegrasi, ekonomi terintegras, dan bidang studi geografi terintegrasi. Dilihat dari keterwakilan, peserta tingkat MI sebanyak enam orang, MTs Sembilan orang, dan siswa tingkat MA 18 orang. (zar)