3 Mahasiswa IAIN Bukittinggi PLK Di MTsN 1 Pasaman

3 Mahasiswa IAIN Bukittinggi PLK Di MTsN 1 Pasaman

Pasaman, Humas -- Tiga mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi jurusan Pendidikan Bahasa Inggris melaksanakan Praktik Lapangan Kependidikan (PLK) di MTsN 1 Pasaman, Senin (20/9).

Amri selaku Wakil Kurikulum di MTsN 1 Pasaman menyampaikan bahwa  3 mahasiswa dimaksud yaitu Miftahul khaira, Foni Trisia, dan Santika Husnun Afifah. Mereka melaksanakan praktik mengajar sejak bulan lalu dan akan berakhir sampai tanggal 27 November 2021 dengan menunjuk Zumira Amru dan Ahsanul Bin Zaini sebagai guru pamong.

Lanjut Amri, mahasiswa PLK atau yang biasa disebut guru muda itu akan menambah kekuatan akademik pembelajaran di MTsN 1 Pasaman untuk berbagi perkembangan terkini ilmu pembelajaran yang didapatkan di kampusnya.

H. Ade Pabrian, selaku Kepala MTsN 1 Pasaman menyambut baik kedatangan mahasiswa PLK di madrasah. "Mahasiswa PLK harus diberikan wadah dan ruang untuk belajar menjadi guru. Untuk itu diminta kepada para guru membantu dan membimbing guru muda dari IAIN Bukittinggi tersebut", ungkapnya.

Salah seorang mahasiswa PLK Foni Trisia setelah lebih kurang satu bulan melaksanakan PLK menyampaikan kesan yang baik. Disebutnya sebagai guru muda banyak menemukan hal yang baru terutama tentang praktik pendidikan dan pembelajaran di lingkungan sekolah / madrasah.

Foni juga mengatakan bahwa praktik pendidikan yang didapatkannya sangat mendukung dalam peningkatan wawasan dan pengalamannya dari teori-teori yang didapatkan selama di bangku perkuliahan. Kemudian pengalaman yang berharaga dikatakan Foni tentang pengelolaan kelas dan karakteriatik peaerta didik di kelas.

"Banyak hal baru yang saya temui di madrasah yang menjadi pengalaman berharga. Saya dan teman - teman diberi kesempatan praktik langsung mengajar peserta didik di MTsN, dengan berbagai macam karakter siswa. Juga kami diberi kesempatan untuk mengatasi permasalahan siswa dalam belajar serta solusi belajar. Selain itu,  guru-guru di MTsN 1 Pasaman menyambut baik kami mahasiswi yang sedang PLK, akrab dan memberi bimbingan serta ilmu baru dalam proses mengajar yang baik." tukuk Foni. (Jaya Nasa Perta)abie78 *rzk