Hari Pertama ANBK Siswa MAN 1 AgamTahun 2021 Berjalan Lancar

Hari Pertama ANBK  Siswa MAN 1 AgamTahun 2021 Berjalan Lancar

Maninjau Humas– Madrasah Aliyah Negeri 1 Agam  hari ini senin (27/09/2021) laksanakan Asismen Nasional Berbasis Komputer  (ANBK) untuk peserta didik. Sebagaimana diketahui Program ini merupakan pengganti Ujian Nasional berdasarkan keputusan dari Pemerintah Pusat melalui Menteri Pendidikan.
Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Asesmen Nasional dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar.

Untuk Pelaksaaan AKM ini MAN 1 Agam telah membagi peserta AKM dalam Tiga gelombang.

Hasil konfirmasi dengan Taufiq Waka Kurikulum sekaligus ketua panitia pelaksana mengungkapkan sesuai dengan jadwal, pelaksanaan ANBK  akan berlangsung  selama tiga hari kedepan.

Untuk pelaksanaanya terbagi menjadi Tiga sesi  dalam satu hari. sesi pertama mulai dari jam 07.30 s/d 09.30, sementara sesi Kedua mulai jam 10.30 s/d 12.30 dan disusul sesi Ketiga jam 14.00 s/d 16.00. Sedangkan jumlah peserta ANBK untuk Satu sesi terdiri dari 15 orang” Jelasnya.

Azizul Hayati kepala MAN 1 Agam menuturkan  “ kita berharap pelaksanaan ANBK bagi peserta didik untuk tahun ini berlangsung dengan pencapaian yang memuaskan bagi peserta didik, semoga saja  tidak ada gangguan  secara teknis maupun hal yang menjadi terkendala AKM ini” ungkapnya.

Proktor ANBK Medios juga mengemukakan hal sama tentang  pelaksanaan Asismen ini. ” Alhamdulillah untuk hari ini kita belum menemukan kendala dalam pelaksanaan ANBK baik jaringan maupun kapasitas Server, serta peserta AKM, semoga dua hari kedepan berjalan sesuai dengan rencana yang diharapkan,”katanya.

Pelaksanaan ANBK ini dipusatkan di Labor utama MAN 1 Agam dengan tetap mempedomani Juknis dari pelaksanaan ANBK Tahun 2021 dan Prokes Kesehatan. ( Hasnan)