Tingkatkan Herd Immunity, MAN 4 Agam Laksanakan Gebyar Vaksinasi

Tingkatkan Herd Immunity, MAN 4 Agam Laksanakan Gebyar Vaksinasi
Tingkatkan Herd Immunity, MAN 4 Agam Laksanakan Gebyar Vaksinasi
Tingkatkan Herd Immunity, MAN 4 Agam Laksanakan Gebyar Vaksinasi
Tingkatkan Herd Immunity, MAN 4 Agam Laksanakan Gebyar Vaksinasi
Tingkatkan Herd Immunity, MAN 4 Agam Laksanakan Gebyar Vaksinasi
Tingkatkan Herd Immunity, MAN 4 Agam Laksanakan Gebyar Vaksinasi

Agam,Humas_Hari ini, Rabu (29/9) MAN 4 Agam menjadi pusat vaksinasi untuk Kenagarian Koto Kaciak dan sekitarnya. Kegiatan vaksinasi ini dilakukan dengan mendatangkan Tenaga Kesehatan dari Puskesmas Pasar Ahad. Kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan di Ruang Laboratorium IPA MAN 4 Agam ini, melibatkan guru, pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum.

Kegiatan vaksinasi dimulai pada pukul 09.00 WIB. Ada 5 pos yang harus dilalui peserta vaksinasi, sampai menerima sertifikat sebagai bukti telah melaksanakan vaksinasi. Pertama, pengecekan data identitas kependudukan. Peserta menyerahkan KTP atau KK sebagai bukti identitas diri. Bagi siswa yang mengikuti vaksinasi, mereka dilengkapi juga dengan surat izin vaksin dari orangtua. Kedua, peserta vaksinasi menuju ke pos pemeriksaan tensi darah. Jika tensi darah sudah sesuai dengan ketentuan untuk vaksinasi, peserta dapat lanjut ke pos berikutnya, tetapi jika tensi darah abnormal, peserta diminta istirahat terlebih dahulu untuk dilakukan pengecekan berikutnya.

Selanjutnya,  pada tahapan yang ketiga peserta menuju ke pos wawancara. Pada tahapan ini, peserta dimintai keterangan mengenai riwayat penyakit dan alergi.  Jika peserta tidak memiliki riwayat penyakit kronis, seperti penyakit autoimun, kelainan darah, kanker, dan penyakit kronis lainnya, peserta diminta untuk menandatangani surat persetujuan vaksinasi. Selanjutnya, barulah peserta divaksin oleh vaksinator. Jenis vaksin yang disuntikkan untuk dosis pertama ini adalah Coronavac yang lazim disebut Sinovac. Setelah selesai divaksin, peserta dipantau selama 30 menit untuk mengetahui reaksi dari vaksin yang sudah disuntikkan. Terakhir, peserta diberikan sertifikat vaksin sebagai bukti telah melakukan vaksinasi.

                Pelaksanaan vaksinasi yang berlokasi di MAN 4 Agam ini diikuti oleh guru, pegawai, dan siswa dari MAN 4 Agam dan MTsN 11 Agam. Selain itu, peserta vaksinasi juga berasal dari masyarakat umum. Menurut  Susi, petugas pendataan, peserta yang mengikuti vaksinasi berjumlah 118 orang. Peserta vaksinasi berasal dari guru, karyawan,  dan siswa MAN 4 Agam dan MTsN 11 Agam sebanyak 81 orang. Selebihnya, sebanyak 37 orang berasal dari masyarakat umum.

Zulfahmi M, selaku kepala madrasah terus memantau pelaksanaan kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan di MAN 4 Agam. Beliau secara langsung memberikan semangat kepada guru dan pegawai, serta siswa yang melaksanakan vaksinasi. Menurutnya, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk menjaga kekebalan tubuh, baik guru ataupun pegawai serta siswa MAN 4 Agam sehingga semuanya dapat terhindar dari penularan Covid-19 atau meminimalisir risiko yang dapat terjadi jika tertular virus Covid-19. 

Pelaksanaan vaksinasi di MAN 4 Agam dilakukan oleh 30 persen guru dan 20 persen siswa. “Untuk pelaksanaan vaksinasi pertama ini, baru sebagian guru dan siswa yang melaksanakan vaksin. Ada beberapa alasan yang menyebabkan sebagian guru, karyawan, dan siswa tidak dapat melaksanakan vaksinasi pada hari ini, di antaranya kondisi kesehatan dan masih ada rasa khawatir atau takut terhadap efek samping dari vaksinasi yang dilakukan. Selain itu karena waktu yang sangat terbatas,” ujar Zulfahmi saat dikonfirmasi mengenai partisipasi guru, karyawan, dan siswa dari MAN 4 Agam. Akan tetapi, beliau tetap bersyukur dengan adanya kegiatan vaksinasi ini. Dengan adanya vaksinasi, beliau berharap, ke depannya proses pembelajaran tatap muka dapat terlaksana dengan lancar tanpa kekhawatiran apa pun.

Kegiatan vaksinasi ini didukung penuh oleh Camat Tanjung Raya, Handria Asmi. Handria Asmi ikut hadir dan mengapresiasi kegiatan vaksinasi yang berpusat di MAN 4 Agam. Menurutnya, kegiatan ini sangat penting dilaksanakan untuk mencapai kekebalan tubuh (herd immunity) sehingga masyarakat  dapat terhindar dari penularan Covid-19. Harapannya semakin banyak masyarakat yang dapat melaksanakan vaksinasi sebagai bentuk antisipasi terhadap penularan Covid-19 dan dukungan terhadap program pemerintah. “Kita berharap semakin banyak masyarakat yang mau melakukan vaksinasi agar masyarakat kebal terhadap penularan Covid-19,” ujar Handria Asmi.

Selain Camat Tanjung Raya, hadir juga Kapolsek Tanjung Raya, AKP Yudi Partanto dan Wakapolsek Iptu Akhiruddin. Keduanya juga ikut mengapresiasi dan mendukung peserta yang mengikuti vaksinasi di MAN 4 Agam. “Kami sangat mendukung upaya masyarakat untuk patuh terhadap program pemerintah. Semoga masyarakat lain dapat ikut serta menyukseskan program pemerintah ini agar pandemi segera berakhir,” ungkap AKP Yudi Partanto.

Pelaksanaan vaksinasi berakhir sekitar pukul 14.40 WIB. Kegiatan vaksinasi berjalan dengan lancar. Hingga akhir pelaksanaan, tidak ditemukan peserta dengan gejala yang membahayakan pasca vaksin. Vaksinasi kedua dijadwalkan dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 2021. Vaksinasi kedua ini direncanakan akan dilaksanakan kembali di MAN 4 Agam.Yurisa