Peringati Tragedi G/30 S PKI OSIM MAN 4 Agam Gelar Nobar Film

Peringati Tragedi G/30 S PKI OSIM MAN 4 Agam Gelar Nobar Film
Peringati Tragedi G/30 S PKI OSIM MAN 4 Agam Gelar Nobar Film
Peringati Tragedi G/30 S PKI OSIM MAN 4 Agam Gelar Nobar Film
Peringati Tragedi G/30 S PKI OSIM MAN 4 Agam Gelar Nobar Film

Agam-humas,  gerakan 30 September 1965 oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) merupakan bukti sejarah yang menyatakan pengkhianatan PKI terhadap dasar negara Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara 1945. Ini adalah sejarah kelam yang harus dipahami oleh generasi bangsa dan dengan penuh kesadaran untuk lebih mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pada hari ini, kamis bertepatan tanggal 30 September 2021, OSIM MAN 4 Agam menggelar Nobar (Nonton Bareng) film dokumentasi tragedi G/30 S PKI yang berpusat di aula kebanggaan MAN 4 Agam. Kegiatan ini merupakan salah satu program OSIM bidang pendidikan. “Pencerahan bagi siswa-siswi MAN 4 Agam terhadap sejarah kelam pengkhianatan PKI 1965 dan untuk memupuk patriotisme sekaligus Peringatan Hari Besar Negara PHBN), OSIM bidang pendidikan selalu peringati kilas sejarah ini dengan nobar film dokumenter G/30 S PKI”, ungkap Yurisa pembina OSIM MAN 4 Agam saat memberi keterangan berkaitan dengan kegiatan ini.

Kegiatan Nobar film dokumenter G/30 S PKI ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi MAN 4 Agam yang hadir terbatas mengikut regulasi kehadiran siswa di era covid-19. Kegiatan ini dimulai pukul 09.00 WIB yang dibuka secara remi oleh kepala MAN 4 Agam dalam hal ini diwakili oleh pembina OSIM MAN 4 Agam, Yurisa.

Di awal penayangan film G/30 S PKI kata pengantar yang mengelaborasi penonton disampaikan oleh guru sejarah MAN 4 Agam, Nurfitrah. Dalam pengantarnya Nurfitrah yang merupakan guru sejarah senior di MAN 4 Agam menyampaikan pesan supaya mengikuti kegiatan ini dengan baik, memahami metode dan inti gerakan ini agara para generasi muda tidak gagal paham dan semakin mencintai NKRI.

Ikut mendampingi siswa dalam acara nobar ini majlis guru MAN 4 Agam dan guru PPL yang sedang praktek lapangan di MAN 4 Agam. Kegiatan nobar ini semakin seru karena setelahnya OSIM juga menggelar kuis berkaitan dengan peristiwa G/30 S PKI dan memberi hadiah bagi pemenangnya.

Para peserta nobar yang duduk lesehan itu, kelihatan antusias menyimak tayangan film dokumenter ini. Di beberapa sesi tayangan yang memperlihatkan kekejaman PKI terhadap para jenderal yang difitnah sebagai dewan jenderal itu, cukup menggugah rasa kemanusiaan dan sampai membuat diantara peserta nobar menitikkan air mata.

Acara nobar G/ 30 S PKI yang digelar OSIM MAN 4 Agam ini berikut sesi kuis berakhir menjelang shalat zhuhur. Semoga nobar ini menjadi pendidikan sejarah yang membuktikan pengkhinatan terbesar PKI terhadap dasar negara Pancasila dan UUD 1945 yang telah final. Dasar negara kita tidak dapat digantikan dengan dasar apapun dan telah menjadi kesepakatan bersama. Desmayuni