Guru PAI Tidak Hanya Pendidik, Tetapi Panutan di Tengah Masyarakat

Guru PAI Tidak Hanya Pendidik, Tetapi Panutan di Tengah Masyarakat
Guru PAI Tidak Hanya Pendidik, Tetapi Panutan di Tengah Masyarakat

Agam, Humas--Guru Pendidikan Agam Islam (PAI) bukan hanya berperan sebagai pengajar dan pendidik untuk para siswanya, namun guru PAI juga merupakan tokoh agama panutan di tengah masyarakat.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam, H. Marjanis dalam arahannya pada pembinaan guru PAI se Kecamatan Matur pada kegiatan pertemuan Kelompok Kerja Guru (KKG) PAI Kecamatan Matur, hari Sabtu (02/10) di Aula SDN 01 Matua.

Selain itu, dalam kegiatan ini Kepala Kankemenag Kabupaten Agam yang didampingi Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Kankemenag Kabupaten Agam menyampaikan bahwa guru agama Islam tidak hanya berperan di lingkungan sekolah, namun guru agama harus ikut terjun dalam kegiatan keagamaan yang ada di tengah-tengah masyarakat.

"Guru agama bisa berperan sebagai guru agama bagi siswanya, sebagai guru agama bagi masyarakat dengan membimbing masyarakat dalam ceramah agama yang digelutinya atau sebagai sarana konsultasi masyarakat mengenai kehidupan keagamaan bahkan sebagai teladan masyarakat, penuntun masyarakat melaksanakan ibadah atau perintah agama lainnya", tutur H. Marjanis.

Senada dengannya, Kepala Seksi PAI kankemenag Kabupaten Agam, H. Mursal Asmir mengungkapkan bahwa sebagai panutan masyarakat, pertemuan KKG PAI tidak melulu diisi dengan kegiatan penyempurnaan administrasi guru, namun harus diisi dengan kegiatan yang mampu meningkatkan kualitas guru agama dalam hal keilmuan Islam.

H. Mursal Asmir menambahkan bahwa seorang guru agama tidak bisa hanya menguasai dan mendalami ilmu agama untuk diberikan kepada siswanya saja, tetapi guru agama harus menguasai seluruh hal mengenai Islam, apalagi dengan perkembangan IT di masyarakat saat ini yang sangat mampu menjadikan masyarakat mempunyai sifat kritis terhadap informasi yang diterimanya.

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh seluruh guru Pendidikan Agama Islam yang tergabung dalam KKG PAI Kecamatan Matur, pertemuan KKG PAI hari ini juga dihadiri Kepala KUA Kecamatan Matur, Pengawas PAI, dan tamu undangan lainnya. Syef