Kakan Kemenag Kab.Solok Ikuti FGD Tahun Toleransi

Kakan Kemenag Kab.Solok Ikuti FGD Tahun Toleransi

Koto Baru, Humas. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok, DR.Helmi, mengikuti Focus Group Discussion (FGD) sebagai bentuk dukungan tahun toleransi yang digagas Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

FGD menuju  Tahun Toleransi ini digelar oleh Subbag Organisasi Tata Laksana (Ortala) dan KUB Kanwil Kemenag Sumbar, yang diikuti oleh tokoh agama, masyarakat dan unsur pemerintahan seperti Polda, Danrem, Kejati yang tergabung dalam Bakor Pakem (Badan Koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Keagamaan) serta pimpinan OPD tingkat Provinsi di Grand Rocky Hotel Bukittinggi, Minggu (3/10).

Sedangkan narasumber kegiatan ini narasumber dari Tenaga Ahli Menteri Agama, Kepala Pusat KUB, Badan Intelijen Negara, Peneliti dari WAHID Institute, Ketua MUI Sumbar, Ketua FKUB Sumbar dan Kepala Badan Kesbangpol Sumbar.

"Toleransi khususnya dalam kehidupan beragama merupakan salah satu kunci kuatnya persatuan dan kesatuan bangsa," ujar Dr.Helmi kepada SuhaNews.

Disampaikan Helmi, seperti yang dikatakan penyelenggara bahwa tujuan FGD ini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang urgensi moderasi beragama dan mengeksplorasi ide-ide tentang penguatan moderasi beragama dalam rangka menyongsong Tahun Toleransi 2022 sehingga terwujud peningkatan indeks kerukunan umat beragama Sumatra Barat.

Helmi menyebut, selain dirinya mengikuti kegiatan yang digagas oleh Kanwil Kemenag Sumbar, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok telah pula menggelar FGD Moderasi Beragama yang salah satu sasaran utamanya adalah toleransi antar umat bergama.

"Nantinya hasil dari FGD di Bukittinggi ini akan kita sinkronkan dengan FGD yang diikuti oleh Ormas Keagamaan di Kabupaten Solok untuk kemudian kita terapkan sebagai bentuk dukungan bagi Tahun Toleransi 2022," jelas Helmi.

Menutup keterangannya Helmi mengatakan akan menyikapi hsil FGD di Bukittinggi ini nantinya dengan jajaran Kemenag Kabupaten Solok serta Ormas dan pihak terkait lainnya.