Tujuh Guru MTsN se Pasaman Barat, Ikuti Pelatihan Fasda di Padang

Tujuh Guru MTsN se Pasaman Barat, Ikuti Pelatihan Fasda di Padang

Pasaman Barat, Humas – Tujuh orang guru Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) se Pasaman Barat, Sabtu sampai Rabu, 2-6 Oktober 2021, mengikuti pelatihan calon fasilitator daerah (Fasda) untuk bidag  studi berbeda. Pelatihan selama lima hari, berdasarkan undangan Ditjend Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, tanggal 27 September 2021.

Tujuh guru yang mengikuti pelatihan di Hotel Basko Padang itu adalah, Sri Adhani bersama Ratna Juita, dari MTsN 3 Pasaman Barat, pelajaran bahasa inggris, Fatimah Mulia, dari MTsN 4 dengan Sufriyanto dari MTsN 5 Pasaman Barat, bahasa Indonesia, Novita dari MTsN 2, pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA), dan Nirwati dari MTsN 5 bersama Budi Santoso dari MTsN 3, bidang studi matematika.

Sesuai surat Ditektorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjend Pendis) Kementerian Agama RI, Nomor. B.-3179/Dj.I.II/KP.02.3/09/2021, dijelaskan, pelatihan calon Fasda guru MTsN pada bidang studi berbeda, selama empat hari ini di tahun anggaran 2021, secara keseluruhan diikuti sebanyak 68 orang dan berada dalam zona I, meliputi Sumatera Barat dan Provinsi Jambi.

Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, diwakili Plt. Kasi Pendidikan Madrasah (Penmad), Rali Tasman, menjelaskan, berdasarkan permintaan peserta dari Diyjend Pandis Kementerian Agama RI, setiap peserta wajib menyampaikan konformasi kehadiran, dan mengisi biodata, melalui link, sesuai zona dan kelas masing-masing.

Fasilitator daerah, sesui bidang stuinya, ulas Kasi Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam (Pakis) itu, adalah mereka yang akan befungi sebagai fasilitator, meningkatkan kualitas sumber daya manusia di wilayah kerja masing-masing. Selain itu, setelah mereka dinyatakan sukses menjadi fasilitator tingkat daerah, berarti yang bersangkutan juga akan tampil sebagai fasilitator bagi guru lain.

Untuk itu, ikuti sekaligus manfaatkan waktu dan kesempatan yang ada dengan maksimal, dan jadilan ketujuh peserta pelatihan calon fasilitator untuk bidang studi berbeda di Pasaman Barat, setiap saat aktif dan peduli memfasilitasi penngkatan kualitas sumber daya guru, sesuai bidang studi yang mereka ampu di madrasahnya. (zar)