Serahkan Reward 7 DPD AGPAII Tergiat, Lomba Adzan dan Puisi Muhasabah, Begini Kesan Gubernur Sumbar

Serahkan Reward 7 DPD AGPAII Tergiat, Lomba Adzan dan Puisi Muhasabah, Begini Kesan Gubernur Sumbar
Serahkan Reward 7 DPD AGPAII Tergiat, Lomba Adzan dan Puisi Muhasabah, Begini Kesan Gubernur Sumbar

Padang (humas)- Sebagai mitra Kemenag, DPW AGPAII Sumbar kembali mengadakan kegiatan pada tanggal 6 Oktober 2021. Kegiatan beragendakan penyerahan penghargaan lomba yang dilaksanakan dalam rangka pekan Muharram Tahun 2021 di Istana Gubernur Sumbar, Kamis (06/09). Ada dua lomba yang diusung pada even ini antara lain lomba adzan lomba puisi muhasabah siswa tingkat SD hingga SMA/SMK. Sekaligus penyerahan penghargaan kepada 7 DPD AGPAII Kabupaten/Kota tergiat di Sumbar.

Terpisah, merespons hal tersebut, mewakili Plt Kakanwil Kemenag Sumbar Kabid Papkis Rinalfi menyampaikan apresiasi kepada para pemenang lomba dan 7 DPD AGPAII tergiat di Sumbar. Kiprah asosiasi GPAII Sumbar dalam melayani para guru PAI sudah terlihat selama ini, bahkan mampu berbicara dikancah nasional.

Rinalfi menuturkan AGPAII sebagai rumah besar guru agama dari organisasi pendidikan. Disana ada organisasi KKG, MGMP dan pokjawas. Maka Kemenag dan AGPAII menurutnya perlu terus bahu membahu membangun kekuatan guru PAI dalam perannya ditengah masyarakat.

"Kemenag sebagai mitra AGPAII akan terus berkoordinasi menginventarisir persoalan guru PAI, sehingga akan lebih memberikan jalan pencapaian perjuangan dan keinginan guru PAI. Baik itu dari segi kapasitas dan potensi maupun segi kesejahteraannya," kata Rinalfi.

Sementara itu Gubernur dalam sambutannya mengatakan bahwa kehadiran AGPAII di Sumatera Barat sejak dikukuhkan sungguh sangat luarbiasa.  AGPAII berperan,berkiprah dan berontribusi tidak saja dalam kegiatan rutinitas. Namun justru meningkatkan potensi, kapasitas guru PAI yang bukan saja sebagai guru tetapi menjadi orang orang yang berpengaruh ditengah masyarakat. 

Menurutnya keberadaan AGPAII ini menjadi mitra sekaligus membantu visi dan misi pemerintah daerah provinsi Sumbar. "Faktanya memang seperti itu, bahwa Sumbar memang mengusung visi membentuk daerah madani," Jelasnya.

Disinilah besarnya peran guru PAI. Apalagi Sumbar terkenal dengan falsafah yang luarbiasa "Adat Basandi Syara, Syara Basandi Kitabullah,"ucapnya memberi motivasi.

Diakhir sambutan kembali ditekankan Gubernur, keberadaan AGPAII Sangat membantu Pemerintah Provinsi dalam mewujudkan Visi Daerah Provinsi Sumatera Barat. 

"Selamat kepada para siswa yang memenangkan lomba, DPD AGPAII tergiat, semoga menjadi amal ibadah bagi kita semua," harapnya.

Terpisah, Tim Peniliti FTK UIN Banten yang turut berkesempatan hadir pada momen itu mengaku sangat terkesan dengan pergerakan AGPAII Sumbar. 

"Ini melebihi apa yang kami butuhkan dan kami minta. Baik itu data informasi dan diperkuat dari informasi lain dari tim DPW dan Gubernur, Kanwil Kemenag Sumbar, Tim IT dan Infokom AGPAII Sumbar, Pengawas PAI dari Kemenag, Kabag Kesra Provinsi Sumbar UIN IB Padang juga memberikan dukungan luarbiasa." Ujarnya.

Menyambut baik hal itu, sebagai Ketua DPW AGPAII Sumbar, Rimelfi menyampaikan ucapan terimakasih mendalam kepada seluruh pihak terkait khususnya kepads Gubernur Sumbar beserta jajaran forkopimda, Kanwil Kemenag Sumbar melalui Bidang Papkis dan jajaran Kemenag Kabupaten/Kota, Dinas Pendidikan dan seluruh pengurus DPW, DPD AGPAII Sumbar yang turut terlibat dalam kegiatan dimaksud.

Pihaknya berkomitmen, DPW AGPAII Sumbar terus berkoordinasi dan berkomunikasi terkait apapun pergerakan yang dilakukan selama ini dalam rangka meningkatkan potensi, kompetensi serta kegiatan positif yang bermanfaat untuk guru dan siswa serta sekolah di Sumbar.

Ditegaskannya kegiatan tahunan yang rutin dilaksanakan dan 
momen penyerahan hadiah kepada pemenang lomba sengaja diundang ke istana Gubernur Provinsi Sumatera Barat. Anak  orangtua dan guru pendamping, serta pengurus DPD AGPAII diajak hadir disini adalah  bentuk apresiasi dan penghargaan dari pemerintah provinsi kepada anak anak yang memiliki bakat dan talenta, dan DPD yang giat bergerak melakukan inovasi program PAI.

" Anak anak ini merupakan binaan dan tanggung jawab dari guru PAI se-Sumatera Barat dibawah naungan  AGPAII. "ucap alumnus UIN Imam Bonjol Padang ini.

Kedepan, lomba azan ini akan dikemas AGPAII dalam bentuk Akademi Bilal Indonesia. Dengan kata lain bagaimana memaknai azan dengan seutuhnya. Tidak sekedar azdan tapi dimaknai secara filosofis dan implikiasi efeknya terhadap gaung ghirah beribadah ditengah masyarkat. 

Begitu pula dengan para talenta puisi muhasabah, implikasinya memang sebagai bentuk kebutuhan setiap saat ingin memuhasabah diri, merenung, merefleksi atau berkontemplasi bahwa sesungguhnya apa yang terjadi setiap saat, yang kita lalui dalam hidup betul betul dimaknai dengan hikmah, sebutnya. 

Kendati ini sudah lama dilaksanakan, namun baru bisa penyerahan hadiah baru bisa terlaksana hari ini. 

"Alhamdulillah bapak gubernur bisa menerima kita, bapak gubernur dan jajaran pemprov berkenan  untuk mengagendakan kegiatan penyerahan hadiah ini dilaksanakan pada hari ini di Istana gubernur. Dimulai dengan asyar berjamaah di istana gubernur, acara dimulai pada pukul 16:00 petang," katanya bahagia.

Hal ini tentu sangat menyenangkan bagi anak dan teman teman pengurus di jajaran DPD Kabupaten/Kota.

"Ini sungguh sangat istimewa, bisa hadir di istana gubernur senangnya sudah luarbiasa, apalagi bisa bertemu langsung menerima hadiah," katanya.

Semoga kegiatan ini dapat memberikan spirit tersendiri bagi para pemenang dan para penggiat DPD AGPAII dan DPW AGPAII.

Kedepan diharapkannya AGPAII Sumbar akan terus membangun aktivitas dan giat yang bermanfaat untuk umat baik dalam sudut pandang keprofesian, mau pun dari sudut sosial budaya. 

Dalam hal ini, tentu saja akan menjadi mitra bagi Kanwil Kementerian Agama, Dinas Pendidikan dalam upaya membersamakan untuk meningkatkan potensi, kompetensi dan kapasitas guru PAI sendiri.

"Semua yang hadir terlihat bahagia, walau  kegiatannya memang sederhana, tetapi jika hal-hal kecil ini kita kemas dengan baik, akan menjadi kesan yang luarbiasa ditengah masyarakat," katanya.

DPW AGPAII Sumbar meminta kepada pihak Pemprov, dalam hal ini Gubernur untuk menyerahkan hadiah dan piagam kepada para pemenang dan DPD tergiat. 

Ada 7 DPD AGPAII Kabupaten/Kota yang dinilai giat melakukan kegiatan dan jajaran kepengurusan yang solid ditingkat DPD atau pun DPC selama pandemi. Diantaranya adalah
1. DPD AGPAII Pasaman Barat
2. DPD AGPAII Dharmasraya
3. DPD AGPAII Tanah Datar
4. DPD AGPAII Kota Pariaman
5. DPD AGPAII Kab. Solok
6. DPD AGPAII Solok Selatan
7. DPD AGPAII Kab. Padang Pariaman

Sedangkan untuk pemenang lomba Adzan dan Puisi Muhasabah Pekan Muharam 2021 secara virtual sebagai berikut. Untuk Kategori Lomba Baca Puisi Muhasabah,

Tingkat SD :
Juara I atas nama Husna Ummi Sathirah, SDIT ADZKIA 2 Padang
Guru Pendamping : Yuli Etra,  S.Ag

Juara II
Gitzara Maharani
: SDN 06 Durian Tarung, Sangir, Kab. Solok Selatan

Juara III.
Sefina Minola Qa
: SDIT SYahiral Ilmi Bukittinggi

Tingkat SMP
Juara I
Balqis Putri Zandra Deka
: MTsS PPP Syekh Muhammad Muhsin

Juara II 
Aisyah Vandamar Amri
:SMP Adabiah Kota Padang

Juara III 
Fadilah Moza Ariani
: SMP Adabiah Kota Padang.
: Guru pendamping : Hj. Azizah S.AG.M.Si 

Tingkat SMA
Juara I
Suraya Fitria Elsyaf 
: MA Plus Subulussalam KAB. Padang Pariaman
Guru pendamping : Dira Yulia Dasti, S.Pd

Juara II
Alifatul Fildzah Hakim
: MAN 2 Kabupaten Agam

Juara III
Vauziah Agustin
: SMAN 5 Kota Padang.
Guru Pendampong : Nashiruddin S.Pd


Sedangkan untuk kategori Lomba azan antara lain;

Tingkat SD
Juara I
Adin Arja Pratama
: SDIT Kautsar Ilmi Sijunjung

Juara II
Hamzah Putra Dwi Agung
: SDN 20 Kurao Pagang Kota Padang
Guru pendamping: Rita syafitri, S.Pd.I

Juara III.
Hamiid Hizbullah
: SDN 43 Padang

Tingkat SMP 
Juara I
Numaharvi
: SMP Adabiah Padang

Juara II
Arfan Tri Budiman
: SMPN 5 Padang.
Guru Pendamping: Yulianis, M.A.

Juara III
Abdul Hakim Al Mubarak
: SMP Perguruan Islam Ar-Risalah
Guru Pendamping: Hafizul Hakim

Tingkat SMA 
Juara I
Ahmad Habibi
: MAN Kota Pariaman

Juara II
Putra Dwi Wahyu
: MAN 1 Kota Padang

Juara III
Juliadi
: SMKN 1 Kota Pariaman

Hadir pada kesempatan itu perwakilan pengurus DPW AGPAII Sumbar, Perwakilan DPD AGPAII tergiat 7 Kabupaten/Kota, Tim Peniliti Tim FKT UIN Banten,
Tim IT & Infokom DPW AGPAII Sumbar, Pemenang Lomba, Guru PAI Pendamping, orang tua murid, Al-Hamas Production, Tim Peneliti FTK UIN Banten, perwakilan Kemenag Pengawas PAI.(vera)