Tutup Rakor Tokoh Agama, Kakanwil Imbau Terapkan 3S

Tutup Rakor Tokoh Agama, Kakanwil Imbau Terapkan 3S

Padang Panjang, Humas -- Kegiatan Rapat Koordinasi Tokoh Agama Tingkat Provinsi yang digagas Kanwil Kemenag Sumbar melalui Bidang Penaiszawa diwakili Kasi Kemitraan Umat, Publikasi Dakwah dan Hari Besar Islam, H. Efi Yoskar mendapat penguatan dan penegasan dari Plt. Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Syamsuir.

Bertempat di Hotel Rangkayo Basa, Rabu (6/10), H. Syamsuir imbau seluruh tokoh agama untuk memperkuat dan menyatukan persepsi intern sehingga potensi-potensi perpecahan baik dari intern maupun ekstern cepat terdeteksi.

“Selaku perpanjangan tangan pemerintah pusat, kami bertugas mengawal dan memfasilitasi umat dalam hal kehidupan agama dan keagamaan termasuk memfasilitasi tokoh-tokoh agama (ulama) dalam menyamakan persepsi dan pemahaman hingga melahirkan gagasan-gagasan bermanfaat demi kepentingan umat,” ulas Syamsuir.

“Rakor ini wadahnya agar isu-isu aktual ditengah-tengah umat bisa dibersamakan dan dirumuskan oleh para ulama yang hadir sehingga tujuan untuk meningkatkan koordinasi demi mewujudkan moderasi beragama tercapai,” tambahnya.

“Mari kita tunjukkan kepada dunia bahwa Sumatra Barat adalah masyarakat yang moderat sesuai dengan Alquran dan Sunnah. Semua itu bentuk ikhtiar kita menjaga dan merawat kerukunan dalam bingkai NKRI yang notabenenya sudah terangkai indah di Sumbar,” imbaunya.

Kakanwil sampaikan bahwa setiap ulama bebas memiliki pemahaman (mazhab agama) yang berbeda tetapi hendaknya tetap mempunyai tujuan yang sama yaitu membawa dan mengawal umat ke jalan yang sesuai tuntunan Alquran dan Sunnah.

Kakanwil sampaikan terimakasihnya kepada Bidang Penaiszawa terutama Panitia terkait yang telah menggelar kegiatan tersebut. “Terimakasih kepada Kabid Penasizawa dan Kasi terkait yang telah menjalankan tusinya dengan maksimal dan paripurna. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi umat dan kita tentunya,” ujar Syamsuir.

Sebelum menutup secara resmi, Kakanwil ajak seluruh tokoh yang hadir untuk menerapkan 3S ditengah-tengah masyarakat yaitu Suritauladan, Sosialisasi dan Spiritualitas. Contohkan, sebarkan dan terapkan.

Sebelumnya, H. Efi Yoskar membeberkan kegiatan tersebut dilaksanakan sejak Senin (4/10) dengan menghadirkan 45 orang Tokoh Agama dari masing-masing Kab/Kota yang dikemas dalam bentuk Dialog dan hari Selasa hingga Rabu mengundang masing-masing 25 orang Tokoh Agama lagi seperti saat itu dalam bentuk Rapat Koordinasi Tokoh. Vn