Kakankemenag Agam : KKG PAI Jadikan Guru Agama Islam Aktif, Kreatif dan Inovatif

Kakankemenag Agam : KKG PAI Jadikan Guru Agama Islam Aktif, Kreatif dan Inovatif
Kakankemenag Agam : KKG PAI Jadikan Guru Agama Islam Aktif, Kreatif dan Inovatif

Agam, Humas---Kelompok Kerja Guru (KKG) Pendidikan Agama Islam harus mampu menjadikan para guru Pendidikan Agama Islam menjadi seorang guru yang aktif, kreatif dan inovatif dalam melaksanakan tugas daam mengajar dan mendidik para peserta didiknya.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam, H. Marjanis dalam sambutan dan arahannya pada kegiatan Petemuan KKG Pendidikan Agama Islam se Kecamatan Palupuh pada hari Selasa (12/10) di Kantor Koordinator Unit Pendidikan Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam.

Selanjutnya Kepala Kankemenag Kabupaten Agam menyampaikan bahwa kegiatan di dalam setiap pertemuan KKG harus dapat meningkatkan kompetensi keilmuan para guru Pendidikan Agama Islam, baik itu di bidang syariah, muamalah, aqidah atau bidang lainnya tidak hanya membahas teknis pembuatan atau penyusunan  perangkat belajar dalam proses belajar mengajar.

"Dengan adanya peningkatan kompetensi guru agama Islam di bidang keislaman maka akan menghasilkan semakin banyak guru yang paham agama yang mampu membangkitkan nilai-nilai keislaman pada masyarakat secara umum dan kepada para siswa khususnya", ujar H. Marjanis lagi.

Di samping itu, Kepala Kankemenag Kabupaten Agam mengingatkan kepada para guru yang tergabung dalam KKG PAIKecamatan Palupuh ini agar bertugas dan bertindak sebagaimana tugasnya guru, tidak hanya sebagai pengajar tetapi juga bertindak sebagai pendidik.

Senada dengannya, Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Kankemenag Kabupaten Agam, H. Mursal Asmir menjelaskan bahwa sebagai pendidik, guru agama Islam harus bisa mengayomi peserta didiknya ataupun pengayom bagi guru lainnya secara keseluruhan, tempat bertanya bagi guru lainnyaa sehingga ilmu agama Islam yang dimilikinya harus lebih mendalam daripada guru lainnya.

"Selain itu, guru agama harus mampu membias di tengah-tengah masyarakat, sebagai guru agama, sebagai orang yang mengerti agama yang diharapkan dapat menjawab persoalan-persoalan umat Islam khususnya", tutur H. Mursal.

Selain 25 orang guru PAi yang tergabung dalam KKG PAI, hadir juga dalam kegiatan Kepala KUA Kecamatan Palupuh, Koordinator Unit Pendidikan, Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah dan PAI Kecamatan Palupuh.  Dan nampak hadir Operator Siaga dan Operator Emis pada Seksi PAI Kankemenag Kabupaten Agam dalam rangka update atau sinkronisasi data PAI di Kecamatan palupuh. Syef