Kakankemenag Kabupaten Agam Kukuhkan Pengurus KKG PAI Kecamatan Canduang

Kakankemenag Kabupaten Agam Kukuhkan Pengurus KKG PAI Kecamatan Canduang
Kakankemenag Kabupaten Agam Kukuhkan Pengurus KKG PAI Kecamatan Canduang
Kakankemenag Kabupaten Agam Kukuhkan Pengurus KKG PAI Kecamatan Canduang
Kakankemenag Kabupaten Agam Kukuhkan Pengurus KKG PAI Kecamatan Canduang

Agam, Humas--Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam mengukuhkan pengurus Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam Kecamatan Caduang sekaligus memberikan arahan dan pembinaan didampingi Kepala Seksi PAI dalam acara Temu Ramah dan Pembinaan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam yang diselenggarakan oleh Kelompok Kerja Guru PAI Kecamatan Canduang pada hari Rabu (13/10) di Kawa Daun Kecamatan Canduang.

Dalam kegiatan pengukuhan KKG PAI Kecamatan Candung dengan ketuanya Dewi Hartati, Kepala Kankemenag Kabupaten Agam, H. Marjanis mengucapkan selamat dan berharap kesuksesan untuk seluruh pengurus yang serta dilimpahi keberkahan berkiprah di dunia pendidikan.

"Ruang dan tempat tidak menentukan kesuksesan, namun hidup harus diisi dengan usaha keras untuk memenuhi kebutuhan hidup. Begitu juga dengan para guru PAI ini yang harus berusaha keras memberikan pemahaman beragama kepada para peserta didiknya", tutur Kepala Kankemenag Kabupaten Agam.

Selanjutnya H. Marjanis juga menuturkan mengenai sebuah hasil penelitian di Amerika yang mengungkapkan bahwa jenjang pendidikan berbanding lurus dengan kesejahteraan. Hal ini menunjukkan bahwa para guru yang dianggap sudah memiliki pengetahuan, terutama pengetahuan agama Islam harus selalu mengupgrade kompetensi keilmuannya tersebut karena guru agama tidak hanya mengajar tetapi juga mendidik, baik itu mendidik peserta didiknya, sesama guru bahkan menjadi guru agama bagi masyarakat.

Selain itu, Kakankemenag juga berharap guru PAI dapat menyesuaikan proses pembelajaran atau menyampaikan materi pendidikan dengan perkembangan zaman. Kakankemenag berharap para guru ini tidak buta dengan dunia digital, memahami perkembangan digital bagi generasi muda yang mungkin saja sangat dipahami oleh peserta didiknya.

"Untuk itu manfaatkan pertemuan KKG seperti ini untuk meningkatkan kompetensi atau kemampuan guru menambah wawasannya, baik itu keilmuan di bidang agama maupun wawasan dan pengalaman di bidang lainnya sehingga guru dapat meningkatkan kreatifitas dan inovasinya dalam melaksanakan tugas", ujar H. Marjanis lagi.

Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Kankemenag Kabupaten Agam, H. Mursal Asmir juga berharap guru PAI dapat melaksanakan tugasnya sebagai guru dengan baik, sebagai pengajar dan pendidik. Selain mengajar dan mendidik siswanya, guru agama juga merupakan guru agama dan ulama bagi masyarakt sekitarnya, tempat mengadu, tempat bertanya dan sebagainya.

Hadir dalam kegiatan ini 40 orang guru PAI se Kecamatan Canduang, Pengawas Sekolah, PPAI, Kepala Sekolah se Kecamatan Canduang serta Operator Siaga dan Opaor Emis yang sekaligus melakukan sinkronisasi data PAI di Kecamatan Canduang. Syef