Tim BDK Padang, Lakukan EPP ASN di Pasaman Barat

Tim BDK Padang, Lakukan EPP ASN di Pasaman Barat

Pasaman Barat, Humas – Tim Balai Diklas Keagamaan (BDK) Padang, Jumat (15/10), melaksanakan EPP (Evaluasi Pasca Pelatihan) rumpun keagamaan kepada alumni pelatihan penasihatan pembinaan dan pelestarian perkawinan, tahun 2021. EPP yang diikuti 30 orang, dilaksanakan di aula Kantor Kementerian Agama Pasaman Baat, Simpang Empat.

Dari 30 orang yang mengikuti EPP bersama Tim BDK Padang, meliputi Kasubbag Tata Usaha, Krisfizon, Zulman, dari unsur Widyaiswara, bersama tiga orang unsur panitia, terdiri dari 10 orang di antaranya alumni peserta pelatihan, 10 orang rekan sejawat dengan peserta, dan 10 orang lain atasan langsung dari peserta.

Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, diwakili Kasubbag Tata Usaha, Sufrinas, ketika membuka kegiatan menyampaikan, setiap pelatihan yang dilaksanakan dan diikuti setiap pegawai negeri di lingkungan Kantor Kementerian Agama, seperti di Pasaman Barat, adalah proses. Seiring hak itu, maka ada tahap evaluasi, sebagai alat ukur untuk mengetahui azaz manfaat atau tindaklanjut dari pelatihan yang dimaksud.

Dilaksanakannya EPP dengan menghadirkan alumni peserta pelatihan, seperti dilaksanakan hari ini, bukan saja sebatas melaksanakan tugas kelembagaan bagi pihak BDK Padang. Kegiatan ini adalah bentuk evaluasi, sekaligus rasa ingin tahu pihakterkait, apakah dari BDK Padang maupun dari pihak kantor sendiri, terhadap dampak yang diperoleh setiap alumni peserta pelatihan.

Sebagai yang mewakili kepala kantor, ulas Sufrinas, pihaknya menambut baik kunjungan sekaligus kegiatan pihak BDK Padang di Pasaman Barat. Kerjasama dua pihak, tentu akan berlanjut setiap saat, dan keluarga besar Kantor Kementerian Agama di kabupaten paling utara dari Sumaetera Barat, tentu menyanbut baik, jika di Pasaman Barat, akan dilaksanakan pelatihan bagi aparaturnya kembali. 

Kepala BDK Padang, diwakili Kasubbag Tata Usaha, Krisfizon, didampingi Zulman, mengakui, selain menjalankan program kelembagaan, sekaligus bertatap muka kembali bersama alumni pelatihan, seperti di Pasaman Barat. EPP juga sarana evaluasi sekaligus menerima masukan dan usul, seperti dari pihak Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, tentang tindaklanjut program pelatihan.

Selama pelaksanaan EPP, tambah Krisfizon, dikuatkan Zulman, pihaknya mengajukan pertanyaan melalui daftar pertanyaan yang disampaikan kepada setiap peserta. Setiap pertanyaan selanjutnya harus diisi setiap alumni peserta pelatihan, selanjutnya akan dijadikan sarana evaluasi, dilaksanakan atau tidaknya kembali pelatihan di Pasaman Barat.

Ke-10 alumni pelatihan yang mengkuti EPP dari Tim BDK Padang adalah, Ikhwan, pengadministrasi pada KUA (Kantor Urusan Agama) Kecamatan Ranah Bataha, Risman Efendi, penyuluh agama Islam Non PNS KUA Luhak Nan Duo, Yetnita, pengolah bahan administrasi kepenghuluan KUA Kinali, Aida Rosifa, pelaksana KUA Lembah Melintang.

Fitriani, petugas ketatausahaan dan kerumahtanggaan KUA Gunung Tuleh, Armizen Wahid, penyuluh agama Islam Non PNS, Elmunawarah, penyuluh agama Islam Non PNS KUA Pasaman, Ulfa Hanum, pengadministrasi KUA Sungai Aur, Zuwerman, penyuluh agama Islam Non PNS KUA Sasak Ranah Pesisir, dan Febyu Anton, penyuluh agama Islam Non PNS Talamau. (zar)