Disebut Fasilitator Terbaik MAN 4 Agam Beri Kesempatan Mahasiswa PPL menjadi Pelaksana Muhadharah

Disebut Fasilitator Terbaik MAN 4 Agam Beri Kesempatan Mahasiswa PPL menjadi Pelaksana Muhadharah
Disebut Fasilitator Terbaik MAN 4 Agam Beri Kesempatan Mahasiswa PPL menjadi Pelaksana Muhadharah
Disebut Fasilitator Terbaik MAN 4 Agam Beri Kesempatan Mahasiswa PPL menjadi Pelaksana Muhadharah

Agam, humas­_ Jum’at 15 Oktober 2021, seperti biasa kegiatan rutin dan terbimbing bagi siswa MAN 4 Agam, dilaksanakan kegiatan muhadharah bergilir secara klasikal. Agak berbeda dari Jum’at sebelumnya, hari ini kegiatan muhadharah tampil sebagai pelaksana adalah para mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yang sedang melaksanakan praktek di MAN 4 Agam.

Hal itu dibenarkan oleh WAKA humas MAN 4 Agam, Desmayuni. “Permohonan izin para mahasiswa PPL sebagai pelaksana muhadharah telah dikoordinasikan sebelumnya kepada pihak madrasah secara hirarki melalui izin dan restu kepala madrasah dan dibersamai oleh WAKA Kesiswaan serta Pembina OSIM MAN 4 Agam”, ungkap Desmayuni memberi konfirmasi terkait kegiatan tersebut.

Kegiatan muhadharah dengan tema Remaja dan Pemuda Generasi Harapan Bangsa itu diprakarsai oleh mahasiswa PPL menyusul sudah berakhirnya masa praktek lapangan terutama bagi mereka yang berasal dari Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Dalam kegiatan muhadharah yang sangat sederhana tetapi sarat makna itu tampil sebagai para pelaksana inti; MC/pembawa acara oleh Ego Aprianto, qari dan terjemahnya Rizaldi Muharmansyah dan Rahmi Yulvia,  Syarahan al Quran; qari oleh Yudi Gerhana, Terjemah oleh Deri Ananda Putra, dan pensyarah oleh Irwan Saputra.

Kegiatan muhadharah yang terangkatkan itu merupakan kolaborasi mahasiswa PPL yang berasal dari seluruh mahasiswa Perguruan Tinggi yang telah berMOU dengan MAN 4 Agam. mereka berasal dari UIN Imam Bonjol Padang, Universitas Negeri Padang (UNP), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi.

Menambah sempurna kegiatan ini, lantunan Asmaul Husna oleh Jumiati, Irvan, dkk. Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan acara hiburan berupa nasyid dan relaksasi oleh Zulna Jazila, Lisa, dkk yang sempat mencuri perhatian seluruh siswa MAN 4 Agam. terlihat selurh peserta kegiatan muhadharah ini tertib dan khidmat mengikuti acara dari awal sampai akhir.

Menyampaikan prakata dalam kegiatan muhadharah tersebut, ketua mahasiswa PPL MAN 4 Agam tahun 2021, Irvan Fernando. “kami merasa bangga dan terhormat menjadi mahasiswa PPL di MAN 4 Agam yang kami sebut sebagai fasiltator terbaik bagi kami dalam praktek lapangan”, ungkap Irvan sambil menahan sebak mengakili suara hati rekan mahasiswa PPLnya.

Suatu penghormatan, diakhir rangkaian kegiatan ini menyampaikan kata amanat dari kepala MAN 4 Agam, Zulfahmi.M. “Kita mengapresiasi kegiatan ini sebagai wahana untuk belajar sekaligus mengajar bagi mahasiswa PPL yang sedang praktek lapangan di MAN 4 Agam. Pihak MAN 4 Agam akan selalu menjadi fasilitator bagi setiap penutut ilmu untuk menuntut ilmu sekaligus ini juga mengelaborasi seluruh siswa MAN 4 Agam”, tutur Pak Mimi ramah. Diakhir sambutan kepala MAN 4 Agam memberikan satu kata Perpisahan “ Apabila ananda merasa nyaman dengan pelayanan kami, tolong sampaikan kepada yang lain, dan apabila ananda merasa tidak nyaman dengan pelayanan kami, tolong sampaikan kepada kami Citivitas Akademika MAN 4 Agam.

 Dilokasi yang berbeda setelah rangkaian kegiatan selesai Irvan Fernando selaku Ketua Rombongan Mahasiswa PPL saat ditemui Team Humas Mapega memberikan Keterangan dan kesan nya selama berada diMAN 4 Agam. “Alhamdulillah kami sangat bersyukur dan bangga sudah menjadi bagian dari Man 4 Agam, dan lebih-lebih lagi kami bersyukur, karena Man 4 Agam sudah menjadi bagian dari proses perjalanan hidup kami. Sejak kedatangan pertama kali, kami disambut dengan sangat hangatnya, Kepala madrasah, bapak ibuk Waka, Semua majelis guru sangat terbuka menerima kehadiran kami. Selama berproses menjadi guru PPL, banyak sekali kesan yg indah, baik sesama kami, dengan pamong kami yang banyak berkorban untuk kami, dan semua civitas akademika Man 4 Agam. Semua sangat berperan atas kemajuan kami, banyak pelajaran berharga yang kami peroleh disini. Dan yang sangat berkesan adalah "Kekeluargaan" Semoga Man 4 Agam selalu jaya dalam mendidik generasi unggul yg Islami, melahirkan pemimpin yang hebat dan berkarakter. Terimakasih para guru, para siswa-siswi Man 4 Agam, kalian semua adalah keluarga bagi kami.

Semoga dengan adanya sinergi harmonis antara civitas akademika MAN 4 Agam – mahasiswa PPL diharapkan tercapai suatu tujuan baik bersama yang merupakan take and give dalam menunjang cita-cita luhur pendidikan yaitu mencerdasakan anak bangsa, beriman, berprestasi, mandiri, berwawasan lingkungan khususnya MAN 4 Agam, kelak. Desmayuni