Madrasah PSA Sulit Air Gelar Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa ( LDKS )

Madrasah PSA Sulit Air Gelar Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa ( LDKS )

Koto Baru, Humas. Untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan berbagai nilai positif dalam diri siswa, Madrasah PSA Sulit Air menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) untuk anggota OSIM dan MPK. Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) merupakan bentuk program pengembangan dengan tujuan memberikan pembekalan kepada para siswa dalam bidang semangat jiwa kebangsaan dan nasionalisme serta mempersiapkan para siswa menjadi pemimpin yang memiliki keterampilan memimpin dan memiliki passion. Selain itu bertujuan pula untuk membangun kemandirian, rasa percaya diri, tanggung jawab, disiplin, serta menghormati orang lain.

Sari Husnul Khotimah selaku panitia pelaksana  menyatakan kegiatan ini diikuti oleh 59 siswa, MTs sebanyak 31 siswa dan MA sebanyak 28 siswa. Berlangsung selama 3 hari mulai Jum’at - Sabtu (15-16 Okotber 2021) di Kampus PSA dan berakhir Minggu (17 Oktober 2021) di Puncak Anai Kabupaten Padang Pariaman.

Wakil Kepala Bidang Kesiswaan MAS PSA Sulit Air, Maihendrik, SE , juga mengatakan dengan LDKS ini siswa mempunyai jiwa kepemimpinan ketika menjalani pendidikan di PSA Sulit Air. Ada nilai-nilai yang didapat setelah kegiatan ini, seperti karakter kepemimpinan, disiplin, kerjasama, cinta tanah air, semangat belajar dan kepekaan sosial. Selain itu, kegiatan juga diarahkan untuk membentuk karakter siswa ungkap Hendrik.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala MAS PSA Sulit Air Drs. H. Irdizon dan mengangkat tema “ Kami Bangkit Menjadi Pemimpin yang Islami, Mandiri dan Kompetitif ”. dan memberi arahan kepada peserta agar bisa menjadi pemimpin yang mandiri dan bisa bersaing, karena peserta yang  ikut LDKS ini merupakan siswa yang terpilih dari sekian banyak siswa. Dalam pembukaan ini dihadiri oleh Kepala MTs.S PSA Sulit Air dan majelis guru.

Viska Nofrita, S.Pd selaku ketua panitia juga menyampaikan bahwa : Dalam kegiatan ini peserta diberi beberapa  materi yaitu, Penanaman Karakter, Kepemimpinan ( Leadership ), Organisasi, Keberagaman dalam Pendidikan, Administrasi dan Kesekretariatan, Muhasabah dan Outbond di Puncak Anai. Dan berharap kepada pemateri agar memberi materi dengan sebaik-baiknya sehingga bisa bermanfaat oleh peserta dalam kehidupan sehari-hari.

Setelah pelaksanaan pembekalan materi dilakukan selama dua hari di kampus PSA, outbond pun berlangsung dengan kidmat walaupun diselingi hujan di puncak anai, dan semua peserta merasa senang dengan diaadakannya kegiatannya ini. 

Kegiatan ini ditutup oleh Kepala MTs.S PSA Drs. H. Harizon Minggu 17 Oktober 2021 dengan melepaskan tanda peserta LDKS, dalam sambutan Kepala MTs PSA mengucapkan terima kasih kepada panitia atas terlaksananya LDKS dari awal sampai akhir dan bagi peserta diharapkan mendapat pelajaran baik yang terkandung dalam kegiatan ini, dan harapannya kepada peserta untuk menjadi pemimpin yang mandiri dan berprestasi ujar Harizon

Muhammad Faiz Abdillah, salah satu siswa, mengaku senang mengikuti rangkaian kegiatan LDKS. Menurutnya, kegiatan ini membina pengetahuan, mental dan fisik sehingga bisa menjadi pribadi yang tangguh. Apalagi, Faiz sendiri mempunyai cita-cita menjadi seorang TNI. Zir | Fendi