Wujudkan Madrasah Mandiri Berprestasi, Kepala MAN 1 Pasaman Rakor bersama Wakil- Wakilnya

Wujudkan Madrasah Mandiri Berprestasi, Kepala MAN 1 Pasaman Rakor bersama Wakil- Wakilnya
Pasaman, Humas -- " Semua komponen yang ada di MAN 1 Pasaman sebagai penyelenggara pendidikan harus aktif bergerak untuk mewujudkan madrasah yang mandiri dan berprestasi", tegas Kepala MAN 1 Pasaman Darwin pada rapat koordinasi dengan Wakil-wakil Kepala madrasah, Senin (18/10) di ruang kerjanya.
 
Dikatakannya, pengelola dan penyelenggara pendidikan di madrasah merupakan sebuah sistem. Sistem akan berjalan dengan baik jika setiap subsistem menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing.
 
Lebih lanjut, Ia mengatakan Wakil sebagai perpanjangan tangan Kepala Madrasah diharapkan secara terus menerus melakukan upaya dan inovasi untuk kemajuan madrasah, baik menyangkut tugas tugas pembelajaran, kesiswaan, sarana prasarana dan kehumasan.
 
Lanjutnya, perlu ada pemetaan kinerja dan kompetensi guru, potensi potensi yang dimiliki siswa, dan ketersediaan sarana untuk mendukung kegiatan. Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah perlu membangun kerjasama dan koordinssi, baik secara internal maupun eksternal.
 
Menurutnya, secara internal sangat penting membangun sinergi dengan guru, tenaga kependidikan dan siswa, dengan tujuan agar secara bersama sama bisa menerapkan peraturan yang ada. Jika ada yang tidak berjalan maka perlu ditindak lanjuti sesuai porsinya.
 
"Sedangkan persoalan yang bersifat eksternal, apabila ada pemberitaan dari masyarakat yang menyangkut siswa, guru atau hal lainnya yang berhubungan dengan madrasah, maka perlu didengarkan, ditelusuri kebenarannya dan dikumpulkan fakta dan datanya. Sehingga kita memiliki data yang akurat sebagai pedoman untuk menetapkan kebijakan", ungkapnya.
 
"Itu contoh-contoh koordinasi yang penting dibangun, baik di lingkungan madrasah sendiri maupun dengan pihak-pihak di luar madrasah", jelas Darwin. (yulinasri)/abie78