5 Agenda Utama HSN 2021, Hari Ini Panitia Matangkan Kesiapan Perangkat Upacara

5 Agenda Utama HSN 2021, Hari Ini Panitia Matangkan Kesiapan Perangkat Upacara
5 Agenda Utama HSN 2021, Hari Ini Panitia Matangkan Kesiapan Perangkat Upacara

Padang (humas)- Persiapan  dalam rangka perayaan Hari Santri Nasional tingkat Provinsi Sumatera Barat telah dilaksanakan secara bertahap oleh panitia. Baik itu dari segi administrasi persuratan, undangan, spanduk, maupun persiapan-persiapan fisik dalam rangka pelaksanaan kegiatan.

Demikian diutarakan Kabid Papkis melalui Kasi Pondok Pesantren dan Ma'had Aly Yohanis kepada humas, Senin (18/10). Didampingi Plt Pd Pontren Kemenag Kota Padang Farhan Furqani, tim langsung turun meninjau sejauh mana persiapan perangkat upacara yang akan digelar esok lusa, Rabu 20 Oktober 2021. 

Turut serta pada geladi kotor tersebut dua orang fungsional Prakom Efrian dan Rama Eka putra serta tiga staf pada Seksi Pd Pontren Yefirman, Fauziah dan Almudassir. Geladi kotor ini dilaksanakan seluruh personil dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Sebagaimana telah ditetapkan, ada lima agenda utama dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2021. Diantaranya Upacara hari santri, Lomba Video Antar Pondok Pesantren se-Sumatera Barat, Zikir, Shalawat dan Do'a di Pondok Pesantren, Peresmian Bantuan Sarpras Sanitasi MCK pada Pondok Pesantren Perkampungan Minangkabau. Kemudian dilanjutkan dengan Launching Kemandirian Ekonomi Produktif Pondok Pesantren Al-Falah.

Yohanis mengatakan untuk kegiatan upacara di lapangan Pondok Pesantren Perkampungan Minangkabau yang berlokasi di belakang stasiun TVRI Air Pacah dipercayakan kepada siswa santriwan Perkampungan Minangkabau.

Terkait hal itu, bertempat di lapangan Pondok Pesantren Perkampungan Minangkabau, senin 18 Oktober 2021, gladi kotor digelar panitia dengan melibatkan ratusan santri yang terdiri dari petugas paskibraka, pembacaan Al-Qur'an, pembaca UUD 1945, pembaca Ikrar Santri, menyanyikan Mars Santri didukung paduan suara santriwati Ponpes Perkampungan Minangkabau.

Prosesi geladi itu sendiri dimulai dari masuknya pasukan paskibraka sebanyak 12 orang dibawah asuhan Afrizal Kepala Madrasah Aliyah Negeri 3 Padang Afrizal dan Rinaldi Putra Kaur TU MTsN 5 Kuranji. Kemudian dilanjutkan dengan simulasi pengibaran bendera Sang Merah Putih menggunakan bendera latihan, hingga selesai.

Sementara itu, untuk pembaca naskah teks Pancasila Insya Allah sesuai agenda, akan dipimpin langsung oleh Kakanwil Kemenag Sumbar H Helmi sebagai pembina upacara.(vera)