Besarkan Syi’ar Islam OSIM MAN 4 Agam Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW Dengan Nobar Jejak khilafah

Besarkan Syi’ar Islam OSIM MAN 4 Agam Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW Dengan Nobar Jejak khilafah
Besarkan Syi’ar Islam OSIM MAN 4 Agam Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW Dengan Nobar Jejak khilafah
Besarkan Syi’ar Islam OSIM MAN 4 Agam Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW Dengan Nobar Jejak khilafah

Agam, humas­_ Selasa 19 Oktober 2021 M bertepatan dengan 12 Rabil ul Awwal 1443 H OSIM MAN 4 Agam memprakarsai peringatan hari lahirnya Sayyidul an biyak nabi Muhammad SAW. Tampil berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, peringatan maulid Nabi Muhammad diperingati dengan nobar Jejak Khilafah dan gema shalawat.

Dipilihnya kegiatan nobar Jejak Khilafah seri I dan gema shalawat untuk peringatan syi’ar Islam maulid Nabi Muhammad SAW oleh OSIM MAN 4 Agam memiliki maksud yang sangat bijaksana. “Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya peringatan maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini dengan kegiatan nobar dan gema shalawat menyinkronkan dengan kebutuhan peserta didik di era 4.0, para generasi milenial yang sudah akrab dengan digital”, ungkap Yurisa Pembina OSIM MAN 4 Agam.

Dalam sambutannya kepala MAN 4 Agam yang disampaikan oleh WAKA kesiswaan MAN 4 Agam, Erawati menyatakan; “Memperingati maulid Nabi Muhammad SAW merupakan program OSIM bidang Peringatan Hari Besar Islam (PHBI). Peringatan ini bertujuan membesarkan syi’ar agama Islam sekaligus memperkuat kecintaan kepada baginda Nabi Muhammad SAW”, ungkap Erawati yang merupakan guru Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MAN 4 Agam.

Kegiatan maulid Nabi Muhammad SAW ini dipusatkan di aula kebanggaan MAN 4 Agam. Dihadiri seluruh siswa MAN 4 Agam yang hadir terbatas sesuai dengan regulasi pelaksanaan kegiatan pembelajaran di masa pandemi. Ikut mendampingi siswa dalam kegiatan ini, majelis guru dan pegawai MAN 4 Agam, tak ketinggalan  mahasiswa PPL yang sedang praktek lapangan di MAN 4 Agam.

Peringatan maulid Nabi Muhammad SAW yang dimulai pukul 08. 00 WIB ini, dipandu OSIM MAN 4 Agam. MC oleh Lela dan Elsa, pembacaan ayat suci al Quran dan terjemahnya; Syafril dan Rahmi serta pembacaan doa pembuka; Siraj Ide Munawar. Menambah khidmat peringatan maulid ini, sebelum nobar Jejak khilafah Seri I (kelahiran dan Dakwah Nabi Muhammad SAW ) dilantunkan gema shalawat bersama. “Setidaknya dengan lantunan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW ini, menghangatkan kerinduan kita kepada baginda Nabi”, ungkap Erawati mengulas makna lantunan shalawat penuh haru.

Pukul 10.00 WIB acara nobar Jejak Khilafah berakhir. Istirahat dan snack sebentar dan kemudian peringatan maulid dilanjutkan dengan kuis tentang sejarah Nabi SAW. Kuis yang menggunakan aplikasi google QUIZZI  menambah antusias para peserta peringatan maulid Nabi Muhammad SAW, berpacu memecahkan soal-soal yang telah dirumuskan sebelumnya.

Semoga dengan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini, tercapai apa yang menjadi esensi dari peringatan ini yaitu untuk menambah kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW. Dengan rasa cinta dan kerinduan yang bersemi di dalam dada bersama gelora iman menjadi ruh untuk menjalankan semua syari’at agama sebagaimana tertuang dalam al Quran dan Sunnah.  Desmayuni