Peringatan Hari Santri, Okto : Jadikan Pondok Pesantren Tempat Pembinaan Umat

Peringatan Hari Santri, Okto : Jadikan Pondok Pesantren Tempat Pembinaan Umat

Dharmasraya, Humas—Hari Santri Nasional VII Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Dharmasraya dilaksanakan dilapangan Upacara Pondok Pesantren Pembangunan Pulau Punjung, Jumat (22/10).

Bertindak langsung sebagai Inspektur Upacara Kakan Kemenag Dharmasraya H. Okto Verisman dan dihadiri Ketua Pengadilan Agama Dharmasraya, Kapolres Dharmasraya, Dandim Dhamasraya, Kasubbag Keagamaan Pemda Dharmasraya, Pimpinan Pondok Pesantren se-Dharmasraya, serta jajaran keluarga besar Kementerian Agama Kabupaten Dharmasraya.

Selepas upacara, Kakan Kemenag Dharmasraya H. Okto Verisman berterima kasih kepada pimpinan ponpes yang telah memfasilitasi upacara hari santri. Untuk tahun berikutnya, ia berharap kegiatan hari santri yang lebih dibersamakan supaya lebih ramai dan meriah.

Ia juga berpesan supaya pondok pesantren yang ada di Kabupaten Dharmasraya bisa menjadi tempat pembinaan umat yang terbuka.

“Mari jadikan ponpes sebagai pembinaan umat yang terbuka. Kita bisa berpacu dengan pendidikan formal lainnya, tergantung bagaimana kita mengembangkannya.”

“Jangan cepat mengambil keputusan. Harus jelas dalilnya, kalau dalam negara, ada aturannya, undang-undang, kepdirjen, juknis, dan sebagainya,” tambahnya.

Selain itu, Kakan Kemenag Dharmasraya juga meminta pimpinan pondok untuk turut aktif dalam memantau kegiatan-kegiatan dan aliran-aliran sesat yang bisa menjadi percikan di Dharmasraya.

“Tolong pantau aliran-aliran sesat. Pantau akidahnya. Jika lari dari rukun iman dan islam, tempatnya tidak di pondok. Pantau kelompok-kelompok yang tertutup. Jangan sampai siswa atau santri kita terbawa oleh mereka. Sebab jika ada gelagat yang aneh dan ganjil, kita bisa meredamnya dengan cepat,” pungkasnya. (Ind/Rina)