Berkompetisi Hari Pertama, Kontingen Sumbar Optimis Mampu Sumbangkan Emas

Berkompetisi Hari Pertama, Kontingen Sumbar Optimis Mampu Sumbangkan Emas

Bukittinggi, Humas--Petarungan hari pertama pada ajang bergengsi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Nasional Tahun 2021 berakhir pada pukul 10.00 WIB, Minggu (24/10).

Tepat pukul 07.30 ujian sudah dimulai dengan sepuluh menit sebelumnya siswa wajib login ke aplikasi CBT KSM Nasional Tahun 2021. Dilaporkan dari lokasi bahwa semua peserta hadir lengkap dan dalam keadaan sehat.

Salah seorang Helpdesk/ proktor, Iing Syamsudin melaporkan bahwa jumlah peserta yang mengikuti ujian sebanyak 11 orang terdiri dari Madrasah Ibtidaiyah 2 orang dengan bidang study Matematika dan Sains, Madrasah Tsanawiyah 3 orang dengan bidang study Matematika, IPA Terpadu dan IPS Terpadu dan Madrasah Aliyah sebanyak 6 orang dengan bidang study Matematikq, Biologi, Fisika, Kimia, Geografi dan Ekonomi.

Dilaporkannya lagi, ruangan ujian dibagi menjadi 2, dengan pembagian 6 orang diruang 1 dan 5 orang di ruang 2.

"Hal ini sesuai juknis dari pusat dengan maksud dan tujuan dalam rangka penerapan prokes yang ketat yakninya menjaga jarak," ujar Iing menjelaskan.

Sistem pengawasan langsung dari pusat dengan menggunakan webcame yang terhubung dengan pengawas dari pusat. Sedangkan untuk didalam ruangan ujian hanya dibolehkan ada satu Helpdesk yang bertindak sebagai proktor atau penanggung jawab ruangan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sumbar, H. Syamsul Arifin bersama Kakan Kemenag Sawahlunto, H. Dedi Wandra, Kakan Kemenag Kota Bukittinggi, H. Kasmir beserta rombongan lainnya yang berkesempatan hadir ke lokasi pelaksanaan KSM di MAN 1 Bukittinggi dalam rangka memantau pelaksanaan KSM pada hari pertama ini.

Dari hasil pantauan pelaksanaan ujian hari pertama dengan metode CBT (Computer Based Test) berjalan lancar, peserta hadir lengkap dan tidak ada kendala ataw permasalahan baik itu berkenaan dengan jaringan atau hal lainnya.

"Semoga siswa siswi kita mampu menyelesaikan soal soal dengan baik sehingga mampu menyumbangkan medali emas untuk Sumbar, yang penting kita sudah berusaha untuk hasilnya kita serahkan ke Allah SWT, bagaimanapun kita optimis mampu sumbangkan Emas untuk Sumatera Barat," ujar Kabid Penmad yang akrab disapa Pak Malin ini.

Dan untuk hari kedua besok harinya Senin (25/10) agenda ujian adalah pelaksanaan eksplorasi atau eksperimen. [DW]