Kepala MAN 2 Pasaman Ajak Guru Dan Siswa Bijak Berbahasa

Kepala MAN 2 Pasaman Ajak Guru Dan Siswa Bijak Berbahasa

Pasaman,Humas--"Marilah  kita bijak dalam penggunaan bahasa, agar orang lain tidak salah persepsi atas apa yang kita tuliskan dalam dunia digital," tegas Kepala MAN 2 Pasaman Muhammad Yanto dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital Tahun 2021 Kabupaten Pasaman, Sabtu (23/10).

Muhammad Yanto, berkesempatan sebagai pemateri pada  kegiatan webinar tersebut mensajikan materi tentang penggunaan bahasa yang baik dan benar di dunia digital.

Menurutnya, pengertian bahasa yang baik adalah sesuai dengan situasi dan kondisi, sedangkan bahasa yang benar adalah pemakaian bahasa mengikuti kaidah dibakukan atau dianggap baku. Intinya, bahasa Indonesia yang pemakaiannya sesuai dengan situasi, kondisi dan maksud pembicaraan.Dan kriteria yang dipakai untuk pemakaian bahasa yang benar adalah kaidah tata bahasa baku.

Sementara kaidah itu dikatakan Yanto meliputi aspek tata bunyi (fonologi), tata bahasa (kata dan kalimat), kosa kata (istilah), ejaan dan makna.

Sempurnanya, bahasa dapat dikatakan baik apabila maknanya dapat dipahami oleh komunkan dan ragamnya sudah sesuai dengan situasi pada saat digunakan.Sedangkan bahasa yang benar adalah bahasa dengan ragam formal mengikuti kaidah bahasa baku.Dan iIni bisa dilihat dari penuturnya.

Dalam paparannya, ia menjelaskan juga tentang ragam bahasa dapat dibedakan menjadi ragam daerah/dialek yang luasnya wilayah  pemakaian bahasa Indonesia menimbulkan perbedaan pemakaian bahasa. Lalu ragam bahasa terpelajar, bahasa Indonesia yang digunakan oleh kelompok penutur yang berpendidikan tampak jelas perbedaannya dengan bahasa Indonesia yang digunakan oleh kelompok penutur yang tidak berpendidikan .Dan terakhir adalah ragam bahasa resmi dan ragam bahasa tidak resmi.

Dimisalkannya, dapat diamati bahasa seorang bawahan atau petugas ketika melapor kepada atasannya. Menurutnya dalam dunia digital akan banyak ditemui ragam bahasa, mulai dari ragam bahasa yan baik, bahasa yang benar,bahasa yang tidak sesuai dengan EYD, bahkan bahasa alay yang sering dipakai untuk berintekrasi di dunia digital. (Refiati)abie78