Sebagai Tuan Rumah Pelaksanaan KSM Nasional tahun 2021, MAN 1 Bukittinggi Dirikan Stand

Sebagai Tuan Rumah Pelaksanaan KSM Nasional tahun 2021, MAN 1 Bukittinggi Dirikan Stand
Sebagai Tuan Rumah Pelaksanaan KSM Nasional tahun 2021, MAN 1 Bukittinggi Dirikan Stand

Bukittinggi, Humas--MAN 1 Bukittinggi di percaya sebagai lokasi pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Nasional tahun 2021. Untuk memeriahkan pelaksanaan KSM tingkat Nasional tahun 2021 ini, MAN 1 Kota Bukittinggi  membuat pameran dengan mendirikan stand untuk mengekspos berbagai kegiatan Ekstrakurikuler dan keterampilan yang dimiliki oleh MAN 1 Kota Bukittinggi ini.

Stand pertama diisi oleh keterampilan Agrobisnis Pengolahan Hasil Pertanian ( APHP ) yang menyajikan makanan buatan peserta didik APHP. Disini para pengunjung bisa langsung menikmati kue dan kripik hasil buatan peserta didik keterampilan APHP MAN 1 Kota Bukittinggi.

Reni Arneti dan Ade selaku  guru keterampilan APHP kelihatan tidak henti-hentinya menyapa tamu yang datang untuk bersedia menyicipi kue yang mereka suguhkan.

Stand kedua diisi oleh keterampilan Multimedia dengan menampilkan hasil karya peserta didik Multimedia seperti gantungan kunci, Bros, dengan berbagai motif serta topi yang dihiasi dengan logo KSM hasil bordir rancangan mereka yang bisa dijadikan oleh- oleh bagi tamu yang datang dalam kegiatan KSM ini.
Peserta didik Multimedia sampai kewalahan memenuhi permintaan tamu yang datang untuk dibuatkan bros atau gantungan kunci dengan wajah mereka masing-masing.

Stand ke tiga adalah stan terfavorit yang diisi oleh Ektrakurikuler Robotik. Stand ini menampilkan 15 buah robot hasil rancangan peserta didik MAN 1 Kota Bukittinggi yang mengambil Ekskuul Robotik. Robots For Global Pandemic, "Smart School care health covid-19" yaitu enam buah robot cerdas, seperti robot pendeteksi suhu, robot pencuci tangan, robot pengering tangan, robot penyedia Tisu,  robot pendeteksi pemakaian masker, robot tempat sampah, robot pendeteksi nominal mata uang bagi tuna netra, robot future dam serta robot pengedali alat alat rumah tangga dll.

Stand ini selalu ramai dikunjungi para tamu yang ingin mengetahui secara langsung bagaimana robot yang dibuat peserta didik MAN 1 Kota Bukittinggi serta diminati oleh peserta didik Madrasah Ibtidaiyah di Bukittinggi.

Pelatih Robotik MAN 1 Kota Bukittinggi, Zulkhairi didampingi pembina Robotik Erria Nanda menyampaikan,

"Alhamdulillah Tim Minangkabau Robotik MAN 1 Kota Bukittinggi, sudah meraih beberapa kejuaraan, seperti juara 1 kategori Robot kreatif dengan tema "Currency Nominal Detector ( CND ) yaitu Robot pendeteksi nominal mata uang bagi tuna netra, juara 2 kategori Robot IOT dengan Future Dam yaitu robot pengendali curah air di bendungan, dan yang terbaru juara 3 Asean Robotic Day dengan Kategori  Robot Theater dengan Tema "Technology that infuelnce today healt for "istana pagaruyuang". Tuturnya

Stand selanjutnya berisi hasil keterampilan tata busana, yang menampilkan hasil karya perserta didik MAN 1 Kota Bukittinggi dalam Tata Busana dengan tema Busana Pesta dan busana kerja.

Dan yang terakhir stand galeri literasi yang menampilkan buku-buku hasil karya guru dan peserta didik MAN 1 Kota Bukittinggi yang berjumlah lebih kurang 60 buah buku.

"Demi suksesnya pelaksanaan KSM serta pameran ini kami mempersiapkan yang selama satu minggu". Hal ini disampaikan Waka Madrasahl, Ernita Thamrin di sela-sela pelaksanaan KSM hari terakhir, Senin (25/10).

Irsyad, kepala MAN 1 Kota Bukittinggi mengucapkan terimakasih kepada Bapak Kakanwil yang sudah menunjuk MAN 1 Kota Bukittinggi sebagai tuan rumah penyelenggaraan KSM tingkat Nasional wilayah Sumatera Barat.

"Ini merupakan penghormatan kepada kami MAN 1 Kota Bukittinggi, kami bisa langsung melihat pelaksanaan KSM tahun ini, selain itu kami juga bisa mengekspos berbagai kegiatan peserta didik MAN 1 Kota Bukittinggi yang berbeda dari Madrasah lain," tuturnya

Kepala MAN 1 Kota Bukittinggi ini juga mengucapkan terimakasih kepada Kasi Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sumbar,  H. Afrizal yang sudah memberi kesempatan kepada Misykah Voice, Group Syiar Anak Negeri dari MAN 1 Kota Bukittinggi menampilkan kebolehan mereka dalam acara Motivasi dan hiburan sebelum pembukaan KSM tingkat Nasional di Grand Royal Denai Bukittinggi.

Irsyad, menambahkan pelaksanaan KSM tahun 2021 ini sudah luar biasa, akan tetapi kedepannya sangat diharapkan, supaya kegiatan KSM tingkat Nasional  tahun depan, tidak hanya mengikutkan peraih juara 1 akan tetapi juga memberi kesempatan kepada peraih juara 2 dan 3 untuk juga bisa mengikuti KSM tingkat nasional. Semoga peserta KSM tahun 2021 dari Sumatera Barat memperoleh nilai tertinggi dan menjadi yang terbaik.

Sementara itu Kakan Kemenag Kota Bukittinggi, H. Kasmir didampingi Kasi Pendidikan Madrasah menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Keluarga Besar MAN 1 Bukittinggi yang telah sukses menjadi tuan rumah KSM tingkat Nasional tahun 2021.

"Kami menyampaikan apresiasi kepada Keluarga Besar MAN 1 Bukittinggi yang telah sukses sebagai tuan rumah pelaksanaan Kompetisi Sain Madrasah tingkat Nasional tahun 2021 serta menampilkan Stand Ekspo Siswa yang sangat menarik bagi pengunjung yang datang memberikan support kepada peserta KSM tingkat Nasional ini. Kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh kontingen yang telah memberikan yang terbaik untuk Sumatera Barat dalam bidang Sains. Semoga kita mampu memperoleh hasil memuaskan," tuturnya.  (Syafrial)