Penegak BANTARA Pangkalan MAN 4 Agam Ikuti Kemah Bakti Save Danau Maninjau

Penegak BANTARA Pangkalan MAN 4 Agam Ikuti Kemah Bakti Save Danau Maninjau
Penegak BANTARA Pangkalan MAN 4 Agam Ikuti Kemah Bakti Save Danau Maninjau
Penegak BANTARA Pangkalan MAN 4 Agam Ikuti Kemah Bakti Save Danau Maninjau

Agam, humas_ kamis (28/10/2021) Penegak BANTARA Gudep 09.111-09.112 Ambalan Buya Hamka Rasuna Said Pangkalan  MAN 4 Agam ikut berpartisipasi dalam kegiatan Kemah Bakti Save Danau Maninjau (KBSDM) yang diselenggarakan dibawah tanggung jawab Dinas Lingkungan Hidup (DLH) provinsi Sumatera Barat. Sedangkan pemerkarsa dan langsung sebagai palaksana kegiatan ini adalah Pemuda Nagari Duo Koto Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam.

KBSDM yang diikuti oleh Penegak BANTARA Gudep 09.111-09.112 Ambalan Buya Hamka Rasuna Said Pangkalan  MAN 4 Agam ini diangkatkan oleh Pemuda Nagari Duo Koto dengan tema Save Danau Maninjau dalam rangka peringatan hari sumpah pemuda ke 93 tahun 2021. “Latar belakang diangkatkan kegiatan Save Danau Maninjau mengikutsertakan gerakan pramuka utusan madrasah/sekolah di kecamatan Tanjung Raya dalam  rangka peringatan hari sumpah pemuda sangat relevan untuk membangkitkan partisipasi pemuda terhadap lingkungannya”, jelas Joni Safri, wali nagarai Duo Koto saat memberi alasan terkait kegiatan yang diadakan di daerah pemerintahannya ini.

Penegak BANTARA Gudep 09.111-09.112 Ambalan Buya Hamka Rasuna Said Pangkalan  MAN 4 Agam yang ikut dalam kegaiatan ini seluruhnya berjumlah 23 orang. Jumlah itu sudah termasuk utusan regu Penegak BANTARA Putra dan Putri plus Pembina. “Keikutsertaan penegak BANTARA Pangkalan MAN 4 Agam sebanyak 23 orang dalam kegiatan ini, sangat diharapkan dapat menumbuhkan sikap peduli dan cinta lingkungan sebagai bakhti terhadap darma yang dijunjung tinggi”, tukas Darmansyah Pembina pramuka MAN 4 Agam disela kesibukannya mengecek kesiapan peserta dari MAN 4 Agam kemaren.

 KBSDM ini selain mengikutsertakan pramuka dari MAN 4 Agam juga mengikutsertakan madrasah/sekolah yang berada di lingkungan kecamatan Tanjung Raya yaitu SMK Tanjung Raya, PPMTI Bayur, SMAN Tanjung Raya, MAN I Agam dan PP HAMKA.

  Kegiatan KBSDM yang dipusatkan di objek wisata Linggai Park sebagai destinasi wisata yang mulai naik daun saat ini, dipilih panitia sebagai tempat kegiatan selain memiliki daya dukung untuk kemah bakhti juga karena memiliki akses yang dekat ke Danau Maninjau yang menjadi tujuan utama kegiatan ini.

Pada Kamis, 28 Oktober 2012, sore harinya utusan peserta KBSDM dari penegak BANTARA pangkalan MAN 4 Agam telah berada di lokasi kegiatan dan telah siap mendirikan tenda bersama peserta dari madrasah/sekolah lain. Malam Kamis ba’da Isya dengan tertib telah mengikuti acara pembukaan KBSDM secara resmi oleh wakil gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy, selaku wakil majlis pembimbing daerah sumatera barat. Dalam sambutannya Audy, memotivasi semua peserta KBSDM yang nota bene para pemuda untuk meningkatkan kepedulian dan kecintaan terhadap lingkungan. “ Pemuda adalah pelopor kepedulian lingkungan hidup yang aman, damai dan representative”, ungkap Audy.

Sesuai surat undangan yang dikirimkan ke MAN 4 Agam Kamis lalu, penegak BANTARA pangkalan MAN 4 Agam akan mengikuti acara ini sampai selesai sesuai jadwal yang telah ditetapkan panitia, yaitu Kamis-Sabtu (tanggal 28-30 Oktober 2021).  Ragam kegiatan yang akan diikuti adalah paparan materi tentang lingkungan hidup yang bertema save Danau Maninjau Jumat, 29 Oktober 2021. Dilanjutkan bakhti save Danau Maninjau pada Sabtu, 30 Oktober 2021 yang direncanakan diikuti langsung gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, dan penutupan kegiatan hari itu juga.

Semoga dengan keikutsertaan penegak BANTARA Gudep 09.111-09.112 Ambalan Buya Hamka - Rasuna Said Pangkalan  MAN 4 Agam dalam kegiatan KBSDM kali ini dapat memotivasi dan memperkaya wawasan tentang kepedulian lingkungan hidup yang kemudian dapat ditularkan kepada rekan-rekannya setelah kembali ke madrasah. Desmayuni.