Perpustakaan MAN 4 Agam Gelar Lomba Resensi Memperingati Bulan Bahasa

Perpustakaan MAN 4 Agam Gelar Lomba Resensi Memperingati Bulan Bahasa
Perpustakaan MAN 4 Agam Gelar Lomba Resensi Memperingati Bulan Bahasa
Perpustakaan MAN 4 Agam Gelar Lomba Resensi Memperingati Bulan Bahasa

Agam humas­_ Kamis (28/10) dalam rangka memperingati Bulan Bahasa, perpustakaan MAN 4 Agam mengadakan Lomba Resensi Buku Karya Sastra. Kegiatan yang diadakan di ruang perpustakaan MAN 4 Agam itu, diikuti oleh 17 orang siswa yang terdiri atas kelas X sampai dengan kelas XII. Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 WIB dan dibuka secara resmi oleh Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Fadri Suwandi.

Fadri Suwandi dalam sambutannya mengapresiasi program yang diselenggarakan oleh perpustakaan MAN 4 Agam. “Kami selaku pihak Madrasah sangat mendukung dan mengapreasiasi kegiatan ini. Kami berharap kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan secara rutin untuk meningkatkan minat baca dan menulis siswa,“ ungkap Waka Kurikulum MAN 4 Agam itu.

Beliau juga mengapresiasi partisipasi siswa yang tinggi dalam mengikuti kegiatan lomba ini.  “Alhamdulillah, kami merasa bangga atas partisipasi Ananda. Ananda yang mengikuti kegiatan lomba resensi pada hari ini merupakan orang yang terpilih. Dengan merensi buku, Ananda memberikan informasi kepada pembaca tentang isi maupun kualitas buku. Semoga kegiatan ini terus berlanjut dan minat baca Ananda semakin meningkat,” ujar Wakil Kepala MAN 4 Agam itu.

Kepala Perpustakaan MAN 4 Agam, Asmiati R. menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengajak siswa mengapreasiasi karya sastra. Beliau berharap dengan adanya kegiatan ini, siswa MAN 4 Agam lebih termotivasi untuk membaca buku. “Kita isi bulan bahasa ini dengan kegiatan yang produktif, salah satunya dengan meresensi novel. Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi siswa terhadap buku yang dibacanya,” ujar Asmiati R.

Buku yang diresensi siswa pada lomba kali ini adalah buku fiksi (novel) yang tersedia di perpustakaan. Novel yang diresensi siswa merupakan karya yang ditulis oleh penulis ternama, diantaranya Abdoel Mois, Irvan Hamka, Andre Hirata, Tere Liye, dan Asma Nadia.

Salah satu peserta, Wellya Mustika, siswa kelas XII PK merasa sangat senang dengan adanya kegiatan ini. Siswa MAN 4 Agam yang akrab dipanggil Awel itu merasa tertantang. Ia mengaku sudah mempersiapkan diri lebih awal, meskipun sudah banyak novel di perpustakaan yang telah dibacanya.

Lomba resensi ini diadakan berkat kerjasama antara Asmiati R. selaku kepala perpustakaan, Sutria Andayani selaku pegawai perpustakan MAN 4 Agam dengan guru bahasa Indonesia. Yurisa, Fera Mariza, Sherli Chania Putri dan Ego Aprianto, selaku guru Bahasa Indonesia  ikut mempersiapkan dan menyukseskan acara tersebut.

Kegiatan Lomba Resensi Buku Karya Sastra berakhir sekitar pukul 12.00 WIB. Pemenang lomba ini rencananya akan diumumkan pada Senin, 31 Oktober 2021 mendatang. Semua siswa yang terlibat dalam kegiatan ini akan mendapatkan sertifikat, sementara pemenang lomba akan  diberikan tropi dan bingkisan.Yurisa