Penyuluh Agama Kecamatan Banuhampu Ikuti Pelatihan Teknis TIK bagi Penyuluh Agama

Penyuluh Agama Kecamatan Banuhampu Ikuti Pelatihan Teknis TIK bagi Penyuluh Agama
Penyuluh Agama Kecamatan Banuhampu Ikuti Pelatihan Teknis TIK bagi Penyuluh Agama
Penyuluh Agama Kecamatan Banuhampu Ikuti Pelatihan Teknis TIK bagi Penyuluh Agama

Agam, Humas--Penyuluh Agama Islam Fungsional Kecamatan Banuhampu, Alharnisyefrita Wirahadinofa mengikuti Pelatihan Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi Penyuluh Agama sebagai salah seorang utusan dari Provinsi Sumatera Barat yang dilaksanakan pada tanggal 01-12 November 2021 secara daring atau dalam jaringan.

Kepala Sub Koordinator Penyelenggaraan Pelatihan Aparatur Sipil Negara Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) Kementerian Komunikasi dan Informatika selaku Ketua Panitia mengungkapkan bahwa kegiatan Pelatihan TIK ini merupakan kerjasama Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Kementerian Agama yang bertujuan untuk mengembangkan potensi TIK yang dimiliki oleh Penyuluh Agama serta dapat mengelola TIK dengan baik dalam pelaksanaan tugasnya sebagai Penyuluh Agama.

Selain itu Ketua Panitia juga menyampaikan ucapan selamat datang kepada para Penyuluh Agama Kementerian Agama yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia dengan jumlah 650 orang sebagai peserta pelatihan dan 26 orang pengajar atau instruktur yang juga merupakan bagian dari Kementerian Agama.

Kepala BPPTIK Kominfo, Nusirwan dalam sambutannya membuka kegiatan pelatihan ini secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting pada hari Senin (01/11) menyampaikan bahwa Penyuluh Agama merupakan agent of change yang mempunyai peran penting dan strategis membangun masyarakat terutama di bidang keagamaan.

"Sedangkan saat ini masyarakat Indonesia bergantung pada Teknologi Informasi dan Komunikasi ini, di mana internet digunakan oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia. Penyuluh Agama berperan penting memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk menggunakan kemajuan teknologi tersebut dengan benar dan tepat sebab modernisasi ini sudah menjadi sebuah keharusan", ujar Kepala BPPTIK lagi.

Kepala BPPTIK menuturkan bahwa BPPTIK Kominfo dalam meningkatkan perofesionalisme Penyuluh Agama menyelenggarakan pelatihan TIK bagi Penyuluh Agama ini dalam Program Digital Talent Scholarship dalam bentuk Goverment Transformation Academy yang saat ini merupakan angkatan yang ketiga.

Kepala BPPTIK berharap para Penyuluh Agama memiliki keseriusan dan konsistensi sebagai peserta dengan menggunakan kesempatan yang diberikan dengan sebaik-baiknya.

Alharnisyefrita Wirahadinofa, Penyuluh Agama Islam Fungsional Kecamatan Banuhampu mengungkapkan rasa bahagia terpilih sebagai bagian dari Pelatihan Teknis TIK bagi Penyuluh Agama Angkatan III ini dan berharap dapat mengembangkan dan meningkatkan potensi TIK yang dimilikinya dalam melaksanakan bimbingan dan penyuluhan kepada masyarakat.

Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Banuhampu, Rinaldi berharap Alharnisyefrita dapat mengikuti kegiatan pelatihan dengan baik, serius sehingga nantinya dapat mengembangkan apa yang didapatkaannya di dalam pelatihan kepada Penyuluh Agama lainnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam, H. Marjanis saat dihubungi menyampaikan apresiasi atas keikutsertaan salah seorang Penyuluh Agama Islam Fungsional Kabupaten Agam dalam kegiatan  yang diharapkan sangat bermanfaat bagi pengembangan bimbingan dan penyuluhan yang dilaksanakan oleh Penyuluh Agama.

Kepala Kankemenag Kabupaten Agam juga berharap Alharnisyefrita dapat mengikuti kegiatan dengan baik, serius dan konsisten sehingga ilmu, peengetahuan, wawasan dan pengalamannya meningkat mewujudkan masyarakat Kabupaten Agam yang madani. Syef