Dua MTsN di Pasaman Barat, Ikuti Penlaian UKS

Dua MTsN di Pasaman Barat, Ikuti Penlaian UKS

Pasaman Barat, Humas – Dua Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) di Pasaman Barat, Senin dan Selasa, 1-2 November 2021, ikuti penilaian Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) bersama Tim Dinas Pendidikan  Pasaman Barat. Dua madrasah itu adalah MTsN 1 di Air Bangis, Sungai Beremas, dan MTsN 4 di Simpang Empat.

Kepala MTsN 1 Pasaman Barat, Yeddawati, menyampaikan, keberadaan UKS di setiap madrasah, seperti MTsN yang dipimpinnya dan berada di kawasan pesisir pantai barat sumatera, bukan sekedar ada atau tidaknya lembaga penunjang suksesnya proses pembelaharan di madrasah. UKS adalah unit layanan dini terhadap usaha peningkatan kualitas kesehatan bagi warga madrasah.

“UKS adalah lembaga layanan kesehatan dini terhadap warga yang dalam kondisi tertentu dan berada dalam komplek madrasah menderita atau mengindap penyakit ringan. Sebagai pertolongan pertamanya adalah layanan tim kesehayan yang berada di unit kegiatan siswa, berupa UKS”, kata kepala MTsN 1 Pasaman Barat, menjelaskan.

Di lain pihak, ulasnya lagi, sukses atau tidaknya program layanan kesehatan di tengah warga madrasah, seperti dilakukan Tim UKS MTsN 1 Pasaman Barat, tidak lepas dari lengkap atau tidaknya serta tersedia atau tidaknya sarana dan prasarana kesehatan. Kebutuhan mendasar untuk penatakelolaan layanan UKS di madrasah, berupa betadine, obat ginerik, presatamol dan sebagainya.

Dilaksanakannya penilaian UKS secara terpola, terprogram dan berkesinambungan, ulas Yeddawati, adalah agenda rutin setiap tahun terpadu bersama pihak Dinas Pendidikan dan pihak terkait. Penilaian dimaksud, bukan saja untuk satu tingkatan, tapi bertahap dan berkelanjutan, mulai tingkat kecamatan hingga pusat.

“Alhamdulilillah, hari ini Senin dan Selasa-red), tim UKS di madrasah dipimpinnya mengikuti penilaian dari Tim Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten, didampingi tim terkait di tingkat kecamatan. Kita berharap proses penilaian yang dilaksanakan tim terhadap pengelola dan pengembangan program UKS di madrasahnya, sukses”, ulasnya menambahkan.

Kepala MTsN 4 Pasaman Barat, Gusmayenti, didampingi wakil bidang kesiswaan Siti Rohani, secara terpisah menjelaskan, beberapa tahun lalu, madrasah negeri yang berada di kawasan ibukota kabupaten ini telah pernak dinilai. Hasilnya malah sukung mengembirakan, mulai tingkat kabupaten hingga ke tingkat provinsi. (zar)