Kakan Kemenag Kota Bukittinggi Ikuti Rapat Koordinasi Implementasi Penguatan Moderasi Beragama

Kakan Kemenag Kota Bukittinggi Ikuti Rapat Koordinasi Implementasi Penguatan Moderasi Beragama

Bukittinggi, Humas--Kepala Kantor Kementerian Agama KotaBukittinggi, H. Kasmir mengikuti Rapat Koordinasi Implementasi Penguatan Moderasi Beragama secara virtual. Rapat koordinasi tersebut dibuka langsung Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas Selasa (02/11), melalui aplikasi zoom meeting.

Moderasi beragama merupakan cara pandang, sikap, dan praktik beragama dalam klehidupan bersama dengan cara mengejawantahkan esensi ajaran agama yang melindungi martabat kemanusiaan dan membangun kemaslahatan berlandaskan prinsip adil, berimbang, dan menaati koonstistusi sebagai kesepakatan bersama. Hal ini di sampaikan Kakan Kemenag Kota Bukittinggi, H. Kasmir usai mengikuti Rakor Implementasi Penguatan Moderasi Beragama secara virtual.

"Moderasi beragama merupakan konsepsi yang dapat membangun sikap toleran dan rukun guna memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Kami mengajak khususnya seluruh ASN di Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi dan  warga masyarakat serta umat beragama di Kota Bukittinggi untuk mengedepankan toleransi antar warga dan antar agama ataupun yang se agama," tuturnya.

Selanjutnya H. Kasmir mengajak menghimbau umat beragama di Kota Bukittinggi untuk mengikat persaudaraan, dan tali silaturahmi dengan semangat kebersamaan, walaupun berbeda keyakinan, namun masih dalam satu kesatuan yaitu Bangsa Indonesia. Sesuai dengan falsafah Bhineka Tunggal Ika berbeda-beda namun tetap satu.

"Prinsip moderasi beragama ini dapat ditunjukkan melalui sikap tawazun (berkeseimbangan), i'tidal (lurus dan tegas), tasamuh (toleransi), musawah (egaliter), syura (musyawarah), ishlah (reformasi), aulawiyah (mendahulukan yang prioritas), tathawwur wa ibtikar (dinamis dan inovatif)," sampainya. (Syafrial)