Gusman Ingatkan Kembali Program Prioritas Kemenag Pasaman

Gusman Ingatkan Kembali Program Prioritas Kemenag Pasaman

Pasaman,Humas -- Dalam gelaran kegiatan pembinaan Penghulu yang diselenggarakan Seksi Bimas Islam Rabu (10/11), Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman Gusman Piliang mengingatkan tentang program prioritas Kemenag.

Disebutnya, program prioritas kemenag itu diantaranya tentang revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan , tranformasi digital dan moderasi beragama, yang harus ditindaklanjuti sesuai yang telah disampaikan juga oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat melalui surat dinas.

Selain itu juga, kepada penghulu Pasaman yang mengikuti kegiatan Gusman meminta agar KUA melakukan pemanfaatan digitalisasi, media sosial untuk menginformasikan layanan, tugas-tugas penghulu  kepada publik serta tentang Kompetensi-kompetensi yang harus dikuasai penghulu.

Lebih lanjut, ia mengatakan sebagai penghulu tidak hanya memiliki tusi terfokus pada persoalan nikah dan rujuk, juga secara umum yakni bimbingan masyarakat Islam.

Berkenaan itu, menurutnya Penghulu perlu memanfaatkan media sosial untuk menginformasikannya dan sebagai wadah mengoptimalkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM).

Menyinggung persoalan revitalisasi, Gusman Piliang menegaskan tidak hanya dari segi bangunan dan sarana prasarana KUA yang dinilai sudah baik dari tahun lalu, tetapi juga perlu melengkapi perangkat-perangkatnya.

Ia juga meminta perlu adanya studi tiru Kepala KUA dan Penghulu Pasaman ke KUA yang telah melakukan revitalisasi seperti KUA Bukittinggi dan di Agam. Apalagi, di Pasaman ini ada dua KUA yang bisa menjadi pilot project revitalisasi yakni KUA Lubuk Sikaping dan Rao.

Sedangkan Kepala Seksi Bimas Islam Hasyyunil menerangkan kegiatan dilangsungkan satu hari di aula Knakemenag Pasaman itu diikuti  seluruh Penghulu yang tergabung dalam Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Kabupaten Pasaman.(abie78) *rzk