Dirjen Bimas Islam Resmikan 13 Balai Nikah dan Manasik Haji Sumatra Barat

Dirjen Bimas Islam Resmikan 13 Balai Nikah dan Manasik Haji Sumatra Barat
Dirjen Bimas Islam Resmikan 13 Balai Nikah dan Manasik Haji Sumatra Barat

Padang, Humas--Revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) satu dari 7 (tujuh) program prioritas Kementerian Agama. Berbagai upaya dilakukan dalam meningkatkan pelayanan masyarakat di KUA yang merupakan ujung tombak Kementerian Agama.

Pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji di KUA salahsatu upaya dalam mewujudkan Revitalisasi KUA di Indonesia. Untuk Sumatra Barat program ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2017 dengan membangun Balai Nikah dan Manasik Haji dengan anggaran SBSN (Surat Berharga Serikat Negara).

Hari ini, Sabtu (13/11) Direktur Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam H. Kamaruddin Amin didampingi Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, H. Helmi meresmikan Pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji.

Turut hadir menyaksikan peresmian Ketua Dharmawanita, Ny. Nazifah Helmi, Kabag TU, H. Irwan bersama seluruh Kepala Bidang dan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) se Sumatra Barat serta Kepala KUA penerima bantuan SBSN.

Kepala Kanwil Kemenag Sumbar Helmi pada kesempatan itu menyampaikan ada 173 Kantor Urusan Agama yang tersebar di 19 Kabupaten Kota se Sumatra Barat. Ada juga 222 Madrasah (48 Aliyah 112 Tsanawiyah dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri) dan 1 MAN Insan Cendikia.

"Dengan potensi 8. 252 Aparatur Sipil Negara (ASN), Kementerian Agama Sumatra siap mendukung dan mewujudkan visi Kementerian Agama serta tujuh program prioritas yang telah dicanangkan Menteri Agama," ungkap Kakanwil di hadapan Dirjen dan seluruh jajaran Eselon III se Sumatra Barat.

Dikatakan Kakanwil, untuk peningkatan pelayanan di KUA Sumatra Barat telah melakukan revitalisasi terhafp 40 Kantor KUA sejak tahun 2017 hingga 2021 ini dengan bantuan dana SBSN yang dikucurkan Ditjen Bimas Islam Kemenag RI.

"Tahun 2017 telah dibangun 7 Balai Nikah dan Manasik Haji. 2018 sepuluh Balai Nikah, 2019 empat Balai Nikah, 2020, tiga out  Balai Nikah dan kita resmikan hari ini. Sementara 2021 ada 6 Balai Nikah dan Manasik Haji dengan total anggaran 55 Milyar lebih," tutur Kakanwil menjelaskan.

Kakanwil, Doktor Helmi juga menyampaikan tahun 2021 ini Kanwil Kemenag melalui Bidang Urais juga mengucurkan bantuan Covid 19 untuk 17 mesjid dan mushalla dengan anggaran 300 juta rupiah. Bantuan rehabilitasi untuk 7 mesjid sebesar 350 juta rupiah.

Sementara itu, Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin mengatakan revitalisasi KUA salahsatu upaya Kementerian Agama dalam meningkatkan layanan kepada masyarakat terutama di tingkat kecamatan.

"Untuk tahun ini Kementerian Agama membangun 106 KUA dengan fasilitas Balai Nikah dan Sarana Manasik Haji. Revitalisasi KUA ini menggunakan anggaran SBSN," ungkapnya saat peresmian gedung KUA tersebut.

"KUA itu kantor yang sangat vital. Ia bersentuhan langsung dengan masyarakat
Ke depan kita berharap KUA bukan hanya melayani urusan "asmara" tetapi melayani seluruh permasalahan keagamaan," imbuh Doktor Kamaruddin.

Doktor lulusan Amerika ini juga mengajak jajaran Kementerian Agama dan KUA se Sumatra Barat untuk terus meningkatkan mutu dan pelayanan publik, sehingga keberadaan Kementerian Agama benar-benar dirasakan oleh masyarakat.

Adapun 13 KUA yang diresmikan antara lain,
KUA Kec Padang Panjang Timur Kota Padang Panjang, Kec. Pariangan Kab. Tanah Datar, Kec Lubuk Tarok  Kab Sijunjung, Kec Koto VII Kab Sijunjung.

Kemudiaan KUA Kec Ampek Nagari Kab Agam, Kec Tilatang Kamang Kab Agam, Kec Kinali Kab Pasaman Barat, Kec Sungai Beremas Pasaman Barat, Kec Kubung Kabupaten Solok. 

Selanjutnya KUA Kec Nan Sabaris Kab Padang Pariaman, Kec Rao Kab Pasaman, Kec Linggo Sari Baganti Kab Pesisir Selatan, Kec Balai Salasa Kab Pesisir Selatan. RinaRisna