Pramuka Penegak Pangkalan MAN 4 Agam, Laksanakan latihan Pramuka Bersama Pramuka Penggalang Pangkalan MTsN 11 Agam

Pramuka Penegak Pangkalan MAN 4 Agam,  Laksanakan latihan Pramuka Bersama Pramuka Penggalang Pangkalan MTsN 11 Agam
Pramuka Penegak Pangkalan MAN 4 Agam,  Laksanakan latihan Pramuka Bersama Pramuka Penggalang Pangkalan MTsN 11 Agam

Sabtu (13/11/2021) Pramuka Penggalang Pangkalan MTsN 11 Agam melaksanakan Pelatihan Pramuka bersama Bantara dari MAN 4 Agam. Latihan ini di hadiri oleh beberapa Bantara dari MAN 4 Agam, diantaranya Ivan, Akbar, Dzikra, Ghania, Fauzia, Olivia, Fuji, Zahrah, Lidiya, Dhya, dan Siti. Mereka merupakan perwakilan dari MAN 4 Agam yang siap berbagi ilmu-ilmu kepramukaan kepada adik-adik Penggalang MTsN 11 Agam. 
Pada Pelatihan kali ini diawali dengan Upacara Pembukaan Pelatihan Pramuka pukul 13.30 WIB. Ivan sebagai Pratama, Olivia sebagai pembacaan Dasa Dharma dan Fauzia sebagai Pembinanya. "Terima kasih kepada adik-adik yang telah berkesempatan hadir dalam kegiatan ekstrakulikuler Pramuka pada hari ini, kakak harap adek-adek kelas Vll dan Vlll bisa hadir semuanya. Karena, ekstrakulikuler Pramuka ini barsifat wajib di Madrasah kita, dan juga kegiatan extra pramuka ini juga bisa menambah wawasan kita sebagai generasi yang akan melanjutkan perjuangan bangsa kedepannya, karena dalam kegiatan latihan pramuka ini kita diajarkan menjadi sosok manusia yang disiplin dan mempunyai nilai tanggung jawab terhadap diri sendiri,keluarga, dan bangsa kita ini" ucap Fauzia dalam amanatnya.
Setelah selesai Upacara Pembukaan Pelatihan Pramuka, adk-adk Penggalang MTsN 11 Agam memasuki lokal yang telah ditentukan. Mereka yang berjumlah 51 orang kelas Vll dan 28 orang kelas Vlll ini memulai latihannya dengan materi Sandi Kotak 1 dan Sandi Kotak 2 yang diajari oleh Bantara dari MAN 4 Agam. Pengajaran dan disertai contoh yang diberikan, sehingga membuat adik-adik tersebut paham. Kegiatan ini berjalan dengan lancar yang diselingi canda dan gurauan serta pemainan-permainan.
Setelah mempelajari materi tersebut, Bantara memberikan tugas berupa pembuatan pantun/puisi yang memakai Sandi Kotak 2 sebagai bukti bahwa adik-adik tersebut sudah paham dengan materinya. Sampai waktu shalat masuk, semua peserta pelatih dan pembina yang hadir melaksanakan shalat dimasjid yang ada dikampus madrasah.
Selesai sholat kegiatan dilanjutkan dengan Upacara Penutupan Pelatihan Pramuka. Fuji sebagai Pratama, dan Irsyad sebagai pembinanya. "Terima kasih kepada adik-adik Bantara MAN 4 Agam yang telah hadir dan meluangkan waktunya untuk mengajar dan membagikan ilmu-ilmunya. Serta bagi adik-adik, untuk latihan selanjutnya tidak ada yang tidak hadir lagi. Karena, ekstrakulikuler Pramuka ini bersifat wajib, Serta, pelajari lagi dan buat tugas-tugas yang diberikan kakak Bantara tersebut," ujar Irsyad dalam amanatnya selaku Pembina Pramuka MTsN 11 Agam. 
kegiatan selesai dengan lancar, adik-adik serta kakak Bantara pun pulang kerumahnya dan bersalam-salaman. Kami berharap semoga dengan kehadiran anggota Penegak Bantara dari MAN 4 Agam ini dapat menjalin tali silaturrahmi kita. Dan memajukan pramuka dikabuapten agam kususnya di kecamatan Tanjung Raya.Fuji