Hari Pertama Babak Penyisihan, Bintang Qasidah Paling Diminati

Hari Pertama Babak Penyisihan, Bintang Qasidah Paling Diminati

Padang Panjang, Humas--Hari pertama babak penyisihan lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke 39 tingkat Provinsi Sumatra Barat, berjalan sukses.

Sebanyak 1.159 peserta dari 19 kabupaten kota se Sumatra Barat telah mulai berlaga pada 13 (tiga belas) cabang lomba dengan 33 golongan yang tersebar di 18 venue (lokasi) yang telah ditetapkan tuan rumah Kota Padang Panjang.

Salahsatu cabang lomba yang cukup diminati para kafilah dan masyarakat diantaranya, lomba bintang qasidah. Meski belum diperlombakan pada MTQ tingkat nasional cabang bintang qasidah ini menjadi cabang favorit, baik masyarakat maupun kafilah.

Disamping melantunkan syair-syair yang penuh makna, cabang ini juga diiringi alunan musik berirama Padang Pasir yang menggugah nurani. Lomba bintang qasidah bisa menjadi media alternatif dalam menyampaikan pesan-pesan agama kepada masyarakat.

Salahseorang penonton, Irda yang diwawancarai saat lomba mengaku sangat senang mendengarkan syiar dan syair yang disampaikan peserta lomba bintang qasidah. Warga yang berdomisili di Padang Panjang ini mengaku sengaja datang ke ISI Padang Panjang karna suka dengan qasidah.

"Pesan yang disampaikan dalam setiap lirik yang dilantunkan penyanyinya langsung sampai dan menggugah hati nurani. Selain itu, alunan musik Padang Pasir ini juga membuat hati tenang dan sejuk," tuturnya.

Kepala Kanwil Kemenag Sumbar diwakili Kabid Penais Zawa, H. Yufrizal yang juga Wakil Ketua Pengawas Dewan Hakim mengatakan cabang qasidah ini ada tiga golongan diantaranya dewasa, remaja dan anak-anak.

"Pada hari ini babak penyisihan untuk golongan anak anak sudah selesai dengan jumlah peserta 22 orang, 13 putri dan 9 putra. semuanya sudah tampil maksimal," ungkap Yufrizal usai rapat evaluasi panitia, Minggu malam (14/11) di Mifan Water Park Padang Panjang.

Dikatakan Kabid Penais Zawa, syarat peserta cabang qasidah anak anak ini usia maksimal 12 tahun 11 bulan 29 hari. Kriteria penilaian lomba sama dengan golongan remaja dan dewasa. Yang dibedakan hanya usia dan lagu yang dibawakan peserta.

Besok, Senin 14 November sambung Yufrizal akan dilanjutkan dengan golongan remaja, dan dewasa pada hari selasa. Sementara pada cabang hafalan hadis 100 dengan sanad dan khat golongan mushaf dan kontenporer juga sudah selesai dilaksanakan pafa hari ini.

"Babak penyisihan akan berlangsung esok hari untuk cabang lomba lain seperti tilawah, hifzil, khutbah jumat, tafsir, syarhil dan fahmil serta cabang lain yang belum terselesaikan hari ini," tutur Yufrizal.

Malam ini sedang berlangsung lomba cabang tilawah dewasa di Mimbar Utama, GOR Banca Laweh Kota Padang Panjang yang disaksikan langsung Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat. RinaRisna